Monday, April 23, 2018

Cara Cepat Install dan Konfigurasi SSH Server di Debian 9


Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat datang kembali di ZoneMint, kali ini ZoneMint akan membahas tentang SSH Server di Debian 9. Ssh Server adalah layanan yang dimiliki server memungkinkan kita dapat meremote server dengan jarak jauh dan tanpa kita berhubungan langsung dengan server. Dan untuk bisa meremote Server anda kita harus install paket "openssh-server", ssh Server dengan port default 22, lalu pengujian dengan aplikasi putty.



Oke kita langsung ke konfigurasinya ikuti dengan langkah berikut ini :

Pertama, buka server Virtual anda dan masuk sebagai "root".


Kedua, update dulu repository.nya sebelum install paket sshnya dengan mengetikkan perintah "apt-get update".


Ketiga, install paket sshnya dengan perintah "apt-get install openssh-server", kemudian tekan "enter".


Keempat, konfigurasi ssh  "/etc/ssh/sshd_config" lalu konfigurasi seperti dibawah ini yang saya konfigurasi port dan ip address server saya.


Kelima, pada line authentication pada berisan, pertama tersebut membatasi login ssh server, kedua menolak hak akses root login pada server kita, ketiga membatasi session pada saat masuk ke server dengan aplikasi seperti putty.


Keenam, restart konfigurasinya  dengan perintah "/etc/init.d/ssh restart", lalu tekan "enter".


ketujuh, pengujian pada sisi client dengan aplikasi putty jika belum punya install dulu aplikasinya.
pada host name isikan ip address server anda dan pada port isikan sesuai port yang sudah anda setting tadi. jika udah lalu tekan "open".


Kedelapan, selanjutnya nanti akan muncul pesan Putty Security Alert yang disimpulan tersebut sertifikat ssh pada server anda dan kemudian tekan "yes" aja.


Kesembilan, login as : isikan user server anda dan password : isikan sesuai password user server anda. Jika udah tekan "enter".


Kesepuluh, hasilnya seperti dibawah ini kita sudah bisa remote server dari windows atau client.


Kesebelas, alhamdullilah Selesai .

Kesimpulannya bahwa jika server kita di install paket ssh kita tidak usah berhadapan langsung dengan server kita cukup kita remote dari sisi client dengan aplikasi putty.



Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments