Friday, January 11, 2019

Tutorial Pembahasan UKK TKJ Paket 1 Tahun 2018/2019




keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Tutorial Pembahasan UKK TKJ Paket 1 Tahun 2018/2019 - Sebelumnya selamat datang pengunjung setia zonemint.net pada pembahasan atau artikel kali ini dengan topik baru yaitu UKK TKJ. UKK adalah ujian praktek kompetensi keahlian teknik komputer & jaringan yang dimana siswa harus menyelesaikan satu paket soal yang dibatasi waktu oleh penguji. Paket ujian UKK buat TKJ pada tahun 2018/2019 ada 2 paket yang paket 1 berisi tentang setting layanan pada server linux seperti NAT, DNS, NTP, Mail Server, Web Server, DHCP server, Proxy server dll, sedangkan paket 2 berisi materi tentang setting Router (Routerboard Mikrotik). Nah disini saya akan bahas paket 1 sebelum melakukan setting saya harap berdoa dulu ya!!! 

Topik Pembahasan 
Melakukan instalasi dan konfigurasi jaringan PC Server
Melakukan instalasi dan konfigurasi DHCP Server
Melakukan instalasi dan konfigurasi DNS Server
Melakukan instalasi dan konfigurasi Web Server
Melakukan instalasi dan konfigurasi Mail Server
Melakukan instalasi dan konfigurasi Web Mail Server
Melakukan instalasi dan konfigurasi SSH Server
Melakukan instalasi dan konfigurasi NTP Server
Melakukan instalasi dan konfigurasi Proxy Server
Melakukan instalasi dan konfigurasi Cacti Server

Jangka Waktu 

Waktu yang ditetapkan oleh penguji sekitar 8 jam

Tahap Install dan Konfigurasi Layanan Server Debian 9 (stretch) :


A). Konfigurasi jaringan pada OS Debian 9 dengan perintah "nano /etc/network/interfaces" lalu pada kartu jaringan "enp0s3" sesuaikan dengan alamat ip yang terhubung dengan internet atau router lalu pada kartu jaringan "enp0s8" isikan alamat ip dengan network "192.168.20.16/29".


B). Setelah mengisi alamat ip pada kartu jaringan PC server Debian 9 lalu restart konfigurasi tersebut dengan command "/etc/init.d/networking restart" jika muncul "OK" artinya berhasil, kemudian cek status konfigurasi tersebut dengan command "/etc/init.d/networking status".


C). lalu setting NAT supaya Client dapat terhubung dengan internet edit file "sysctl.conf" perintahnya "nano /etc/sysctl.conf" hilangkan tanda pager (#) pada barisan "net.ipv4.ip_forward=1".


D). lalu konfigurasi iptables atau firewall yang dapat membuat NAT dan redirect proxy yang akan kita setting nanti dengan perintah seperti gambar berikut :



A). Nah yang kedua ini kita disuruh menyetting layanan DHCP Server dimana client mendapat alamat ip secara otomatis tanpa menyetting satu-persatu. Paket DHCP pada Debian 9 (Stretch) yaitu "isc-dhcp-server" untuk menginstall paket tersebut cukup ketikkan command "apt-get install isc-dhcp-server". Jika muncul saat selesai instalasi jangan pusing dulu ya karena belum disetting layanan DHCP server tersebut.


B). Kemudian setelah install paket untuk membangun layanan DHCP Server tersebut lalu kita konfigurasi dengan mengedit file "/etc/dhcp/dhcpd.conf", Untuk mengedit file tersebut ketikkan perintah "nano /etc/dhcp/dhcpd.conf". Setelah itu edit pada barisan bawah "A Slightly Diferrent Configuration ....". Lihat gambar dibawah ini ya :


C). Masih pada konfigurasi DHCP Server edit file "/etc/default/isc-dhcp-server" dengan perintah "nano /etc/default/isc-dhcp-server", lalu hilangkan tanda pager (#) pada barisan "DHCPD4_CONF" dan isikan nama kartu jaringan yang disetting untuk layanan DHCP Server pada barisan "INTERFACESv4=enp0s8".


D). Jika udah selesai semua setting DHCP Server lalu restart layanan dengan command "/etc/init.d/isc-dhcp-server restart" dan cek status layanan tersebut apakah udah "active" dengan command "/etc/init.d/isc-dhcp-server status".


E). Uji Coba Client :



A). Pada langkah ketiga ini kita akan install dan konfigurasi DNS Server pada Debian 9 (Stretch) paket yang dibutukan untuk membangun layanan DNS atau domain kita pakai "bind9" pada Debian (Stretch) untuk menginstall cukup ketikkan perintah "apt-get install bind9". Jika sudah selesai masuk kedalam folder konfigurasi Bind9 lalu copy 2 file db.local dan db.127 dimana file tersebut dapat menterjemahkan alamat domain ke ip atau sebaliknya.


B). Setelah itu kita edit file copy.an db.local contoh "sekolah.sch.id" lalu edit dengan command "nano sekolah.sch.id" kemudian setting seperti gambar berikut :


C). Jika sudah edit file copy.an db.local yang kedua edit file copy.an "db.127" contoh "ip" lalu untuk mengeditnya dengan command "nano ip" kemudian setting seperti gambar berikut :


D). Edit file "named.conf.default-zones" dengan command "nano named.conf.default-zones" lalu tambahkan script seperti gambar berikut :


E). Nah setelah itu restart service "bind9" dengan command "/etc/init.d/bind9 restart" dan cek status apakah udah "active" dengan perintah "/etc/init.d/bind9 status".


F). Uji coba Client :


Langkah 4 Install dan Konfigurasi Web Server Debian 9 (Stretch)

A). Pada langkah keempat ini kita akan menyetting Web Server untuk membangun suatu website portal baik organisasi, instansi-instansi. Web server yang kita setting menggunakkan "Apache dan Mysql untuk database php7.0". Paket-paket tersebut kita dapat menginstall dengan perintah "apt-get install apache2 phpmyadmin php7.0 mysql-server".


B). Pada Debian 9 edit script mysql_secure_instalation supaya nanti dapat diakses pada phpmyadmin untuk itu ketikkan perintah "mysql_secure_instalation" lalu masukkan password yang udah kita buat pada proses instalasi paket-paket membangun web server. Jika sudah pada langkah berikutnya klik "y" semua sampai muncul pesan "Ok".


C). Setelah itu lakukan setting mysql server supaya dapat membuat database baru pada GUI phpyadmin atau dapat masuk login GUI phpmyadmin lakukan seperti gambar berikut :


D). Kemudian pada soal kita disuruh membuat document root apache pada folder atau directory "/home/site/www" nah disini kita buat directory tersebut dengan perintah "mkdir -p /home/site/www". Setelah itu kita edit file default konfigurasi apache2 untuk memanggil dimana file script website tersebut disimpan "000-default.conf" untuk mengeditnya ketikkan perintah "nano /etc/apache2/sites-available/000-default.conf". Nah edit pada baris DocumentRoot menjadi "/home/site/www" yang awalnya "/var/www/html".


E).  Menyetting file "apache2.conf" kita arahkan directory sebelumnya "/var/www/html" arahkan pada directory "/home/site/www" dengan command "nano /etc/apache2/apache2.conf". Dan terakhir buat script index.html isikan sesuai misal "<p> Selamat datang di Blog zonemint.net </p> <h1> Tutorial Pembahasan sysadmin dan network engginer</h1>".


F). Uji coba Client :


Langkah 5 Install dan Konfigurasi Mail server Debian 9 (Stretch)

A). Install dan Konfigurasi Mail server paket yang dibutuhkan untuk membangun layanan tersebut seperti : postfix, courier-imap, courier-pop. Nah ketiga paket tersebut dapat membangun server mail namun kebanyakan sekarang kita dimudahkan dengan versi Web nanti kita akan membahasnya namun sekarang menginstall 3 paket dengan perintah "apt-get install postfix courier-imap" mengapa hanya 2 pada Debian versi 9 (stretch) bahwa paket "courier-pop" udah tidak ada lalu bagaimana mengatasinya download versi .deb nanti saya sertakan diartikel paling bawah ini. Jika sudah selesai menginstallnya lakukan mengulang setting dengan command "dpkg-reconfigure postfix" lalu setting kembali. Jika masih belum jelas bisa baca klik pada judul ini ya. Nah edit file "main.cf" pada directory "postfix" dengan perintah "nano /etc/postfix/main.cf" lalu tambahkan paling bawah seperti gambar berikut :


B). Buatlah directory maildir dengan command "maildirmake /etc/skel/Maildir/" huruf kapital (M) harus sama dengan setting pada file "main.cf" ya!!!


C). Restart service mail server pada debian 9 dengan perintah "/etc/init.d/postfix restart" jika muncul "OK" artinya berhasil.


Langkah 6 Install dan Konfigurasi Web Mail di Debian 9 (Stretch)

A). Nah disini kita akan konfigurasi Web Mail pada server Debian 9. Paket yang saya gunakkan yaitu roundcubemail, dimana tampilan sangat bagus dan mudah penggunaan user yang baru. Sebelumnya download bahan dibawah artikel ini saya udah sertakan. jika udah extrak file tersebut namun sudah diupload pada server anda bisa menggunakan service "sftp" atau "ftp". Disini saya menggunakkan "sftp" dengan aplikasi "winscp" saya upload lalu diextrak dengan perintah seperti gambar berikut :


B). Lalu pindahkan pada folder "/home/site/www/" dengan command "mv /home/client/roundcubemail-1.3.7 /home/site/www/" jika sudah selesai untuk proses konfigurasi pada web browser client panggil dengan "mail.sekolah.sch.id/roundcubemail-1.3.7/installer". Lalu klik paling bawah "CONTINUE" kemudian pastikan sudah membuat database buat menyimpan data roundcubemail.


C). Setelah itu pada setting "Database Setup" isikan nama database yang telah dibuat tadi kemudian masukkan user dan password database anda jika sudah klik paling bawah "CONTINUE".


D). Jika masih ada muncul "error" pada setting "temp" dan "logs" berikan hak akses supaya dapat bisa digunakan web mail tersebut perhatikan gambar berikut ini.


E). Jika sudah klik paling bawah "CONTINUE" lalu download file "config.inc.php" ini pindahkan keserver anda pada directory "roundcubemail-1.3.7/config". jangan lupa diberikan hak akses dengan command "chmod 777 /home/client/config.inc.php". Kemudian pindahkan file tersebut dengan perintah "mv /home/client/config.inc.php /home/site/www/roundcubemail-1.3.7/config".


F). Uji coba Client :


Langkah 7 Install dan Konfigurasi SSH Server Debian 9 (Stretch)

A). Mengapa kita install dan konfigurasi SSH??? Karena layanan tersebut dapat meremote server secara jarak jauh tanpa menyentuh server. Paket yang dibutuhkan untuk membangun service tersebut adalah openssh-server. Untuk itu menginstallnya dengan perintah "apt-get install openssh-server" lalu pada soal kita disuruh mengganti port 22 menjadi 2222 dan root tidak dapat login pada proses remote dengan cara hilangkan tanda (#) pada barisan "port 22" lalu ganti menjadi "port 2222" dan hilangkan juga tanda (#) pada "PermitRootLogin" lalu diganti menjadi "PermitRootLogin no".


B). Uji coba Client :


Langkah 8 Install dan Konfigurasi NTP Server Debian 9 (Stretch)

A). Sudah pada langkah 8 Setting NTP Server, Nah untuk membangun service tersebut kita membutuhkan paket yang namanya "ntp" untuk menginstallnya dengan command "apt-get install ntp ntpdate" lalu setting waktu dan tanggal local supaya nanti client dapat waktu dan tanggal seperti server NTP tersebut. Disini kita disuruh menyetting waktu pukul "10.00" dan tanggal "17 agustus 2018". untuk menyetting tersebut perhatikan gambar berikut.


B). Edit file NTP supaya client dapat sinkron waktu dengan server dengan perintah "nano /etc/ntp.conf" lalu berikan tanda pager (#) pada pool 0-3 kemudian isikan script dibawahnya seperti gambar berikut ini dan jangan lupa restart service tersebut dengan command "/etc/init.d/ntp restart".


C). Uji coba client :


Langkah 9 Install dan Konfigurasi Proxy Server Debian 9 (Stretch)

Nah pada langkah 9 dan 10 ini saya sudah membuat tutorial artikelnya bisa dibuka karena saya mengatansipasi pengunjung atau pembaca bosan.

Cek : Install dan Konfigurasi Proxy Server Debian 9

Langkah 10 Install dan Konfigurasi Cacti Server Debian 9 (Stretch)

langkah kesepuluh, juga saya sertakan link artikel karena saya sudah membuat artikelnya dan juga mengantisipasi pembaca bosan dengan artikel ini.

Cek : Menginstall dan konfigurasi Cacti Server 9

Tunggu Video Tutorialnya ya !!! Comming SOON





Sekian dari saya
Wassalamau'alaikum wr.wb

Load comments