Sunday, May 13, 2018

Install dan Konfigurasi Web Server "LAMP" di Debian 9.4 Part 1


Assalamu'alaikum wr.wb

Kali ini saya akan membahas install dan konfigurasi web server di Debian 9??? Sebelumnya kamu harus ketahui apa itu Web Server ???

Web server adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih umumnya dalam dokumen HTML.  Oke itu saja pengertian Web server dan satu lagi apa itu LAMP??

LAMP (Linux, Apache, Mysql, Php) adalah sekumpulan software yang berguna atau berfungsi untuk menjalankan sebuah atau suatu Web Server. 

Oke itu saja pengertian Web server dan LAMP, Selanjutnya tutorial install dan konfigurasinya simak dengan baik-baik ya!!!

Pertama, Buka virtual server anda lalu login dengan user "root".


Kedua, paket yang dibutuhkan dalam membangun Web Server LAMP adalah apache2, php7.0, myslq-server, mysql-client, phpmyadmin (buat database). untuk menginstall paket-paket tersebut cukup panggil dengan perintah "apt-get install apache2 php7.0 mysql-server mysql-client phpmyadmin", kemudian tekan "enter".


Ketiga, muncul "configuring phpmyadmin" pilih opsi "yes", lalu tekan "enter".


Keempat, masih sama dengan diatas namun kali ini masukkan password login di datasbase, Jika sudah diisi pilih opsi "OK", lalu tekan "enter".


Kelima, anda diminta memasukkan password lagi untuk confirmation jika sudah pilih opsi "OK", kemudian tekan "enter".


Keenam, selanjutnya pada "web server to reconfigure automatically" pilih opsi "apache2" dengan tekan "spasi", lalu pilih "OK" tekan "enter".


Ketujuh, tunggu proses instalasinya selesai dan hasilnya seperti dibawah ini.


Kedelapan, selesai kita install dan konfigurasi Web Server.

Referensi : https://www.niagahoster.co.id/blog/web-server-adalah/

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments