Sunday, September 23, 2018

Cara Install dan Konfigurasi WebMin di Debian 9.5


Assalamu'alaikum wr.wb

Pada kesempatan ini saya akan membuat tutorial bagaimana cara install dan konfigurasi Webmin di Debian 9.5 (Stretch). Webmin adalah Sistem aplikasi admnistrasi server berbasis web dan dapat melakukan setting atau pengaturan pada komputer server. Salah satu dapat membuat user, setting ip address, firewall, setting services pada komputer server dan masih banyak lagi.




Webmin bisa dikatakan berfungsi untuk melakukan konfigurasi-konfigurasi pada komputer server (Linux) berbasis GUI dengan Web Browser.

Oke itu saja penjelasan sedikit apa itu Webmin, Selanjutnya ikuti langkah install dan konfigurasinya.

Pertama, Download dulu file installer Webmin dengan extensi .deb lalu jalankan Server anda login dengan user "root".

Kedua, Selanjutnya pindahkan file installer tadi kedalam Server anda seperti contoh file saya pindahkan ke folder "/home/zonetube/".


Ketiga, masuk kedalam folder dimana kita taruh file installer tadi dengan perintah "cd /home/zonetube" dan untuk install aplikasi extensi .deb dengan "dpkg -i webmin_1.890_all.deb", kemudian tekan "enter".


Keempat, Jika muncul error seperti dibawah ini jangan panik dahulu.


Kelima, Error diatas muncul karena paket-paket yang dibutuhkan untuk menjalankan Webmin belum terinstall. Untuk mengatasinya bisa ketikan perintah "apt -fix-broken install " atau "apt install -f ", lalu tekan "enter".


Keenam, Jika muncul error lagi bisa ketikkan perintah seperti pada langkah "kelima". Pengujian pada sisi Client buka Browser kesukkan anda lalu ketikkan "https://192.168.10.1:10000" dan massukkan user "root" dan password, lalu klik "login".


Ketujuh, Tampilan Dasbord admin Webmin.


Kedelapan, Selesai.

Catatan : "jangan panik jika muncul error karena disitu kamu dilatih untuk berfikir dan mencari tahu"

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments