Monday, November 26, 2018

Tutorial Install BalenaEtcher di Ubuntu 18.04 LTS





Assalamu'alaikum wr.wb

A. Pendahuluan

Tutorial Install BalenaEtcher di Ubuntu 18.04 LTS. Sebelumnya teman-teman tidak asing dengan install ulang PC ataupun Laptop anda dan sebelumnya anda juga harus mempersiapkan bootable booting OS untuk PC atau Laptop. Utilitas seperti itu sangat banyak salah satunya BalenaEtcher dan ada juga Rufus. Namun kedua tools tersebut BalenaEtcher dapat diinstall beberapa OS seperti Linux, Windows, dan MacOS. BalenaEtcher juga alternatif membuat bootable di OS linux (Ubuntu 18.04 LTS) untuk performa kecepatan tidak diragukan karena sama seperti anda bootable diwindows pakai Rufus.

Balena juga menyediakan beberapa layanan seperti BalenaCloud, BalenaOS, OpenBalena, BalenaEngine dan BalenaEtcher . itu beberapa layanan yang disediakan balena yang tidak salahnya kita mencoba. Kunjungi Website resminya : https://www.balena.io/  Oke teman-teman itu saja sedikit pembahasan apa itu BalenaEtcher.

B. Alat dan Bahan Pengerjaan

  • PC / Laptop OS Ubuntu 18.04 LTS
  • Koneksi Internet
C. Jangka Waktu

Untuk waktu yang dibutuhkan tergantung speed internet standar 6-10 menit

D. Tahap Pengerjaan

Langkah 1 Add repository BalenaEtcher

Langkah pertama atau awal tambahkan repository server balenaetcher ke dalam OS anda supaya dapat saling sharing aplikasi untuk menginstall aplikasi tersebut. Perhatikan command berikut ini :

root@zonemint-Lenovo-B490:/home/magigi# echo "deb https://deb.etcher.io stable etcher" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/etcher.list

Langkah 2 Add Trust Bintray.com's GPG key

Langkah kedua add GPG key untuk autentication saat kita mau terhubung ke server balenaetcher kalau langkah ini tidak ditambahkan maka akan terjadi error saat proses instalasi jadi add GPG Key itu perlu ya. Perhatikan command seperti berikut :

root@zonemint-Lenovo-B490:/home/magigi# sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 379CE192D401AB61

Langkah 3 Update dan Install BalenaEtcher

Langkah ketiga ini akan terjadi update System Operasi anda dan juga proses instalasi aplikasi dependency untuk dapat menginstall aplikasi tersebut dan semestinya teman-teman perhatikan perintah berikut ini :

root@zonemint-Lenovo-B490:/home/magigi# sudo apt-get update
root@zonemint-Lenovo-B490:/home/magigi# sudo apt-get install etcher-electron

Langkah 4 Selesai

Nah teman-teman cukup simple ya buat instalasinya mungkin artikel berikut ini saya akan membuat langkah-langkah membuat bootable USB image dengan BalenaEtcher jumpa lagi di lain waktu.


Saya Sertakan Videonya :





Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments