Wednesday, January 23, 2019

Cara Install MRTG Monitoring di Debian 9 dengan Mudah

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Tutorial Cara Install dan Konfigurasi MRTG Monitoring di Debian 9 - MRTG (the Multi Router Traffic Grapher) Adalah aplikasi yang digunakan untuk memantau beban trafik pada link jaringan. MRTG akan membuat halaman HTML yang berisi gambar GIF yang mengambarkan trafik melalui jaringan secara harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Nah sebelumnya teman-teman udah membuat beberapa layanan service atau hosting bisa dicek kategori Debian. Monitoring ini sangat perlu jika teman-teman sebagai admin karena hal tersebut untuk mengecek gimana kondisi Server Linux Debian ataupun Router yang akan dimonitoring. Jika nantinya setelah menginstall monitoring ini masih bingung penggunaanya bisa cek Documentasi MRTG yang disediakan secara detail cek website resmi Monitoring MRTG. Oke itu saja sedikit penjelasan tentang tools tersebut lalu langsung saja langkah-langkah instalasinya.

Alat dan Bahan

  • OS Debian (9.6)
  • DVD 1,2,3

Jangka Waktu

Untuk waktu sekitar 1-5 menit selesai

Tahap Pengerjaan

Langkah 1 Apache2 & Snmp

Langkah pertama, Menginstall paket web service yaitu apache2. Terus install protokol monitoring yaitu Snmp. Nah kedua tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun monitoring MRTG. Untuk menginstall kedua paket tersebut dengan perintah :


root@zonemint:~# apt-get install apache2 snmp snmpd



Langkah 2 Backup file SNMP

Langkah kedua, Untuk mengatasi error script atau file snmpd.conf kita backup dulu dengan command "cp /etc/snmp/snmpd.conf /etc/snmp/snmpd.conf.default". Nah jika sudah dibackup lalu edit file "snmpd.conf" dengan text edit "nano /etc/snmp/snmpd.conf". Lalu hilangkah tanda pager (#) pada baris "rocomunity public localhost" kemudian edit text pada baris "sysLocation" dan "sysContact" berikut ini gambarnya.


Langkah 3 Restart SNMP

Langkah ketiga, Nah jika sudah diedit file tersebut lalu lakukan restart serive snmp dengan command "/etc/init.d/snmpd restart" jika sudah muncul "OK" artinya berhasil. Kemudian check apakah snmpd servicenya running dengan command sebagai berikut :


root@zonemint:~# /etc/init.d/snmpd status



Langkah 4 Install MRTG monitoring

Langkah keempat, Setelah setting snmp lalu kita setting MRTG sesuai topik judul artikel ini. untuk menginstall tools tersebut dengan command "apt-get install mrtg" jika sudah selesai proses instalasinya kemudian buat folder atau directory mrtg dengan command sebagai berikut :

root@zonemint:~# mkdir /var/www/html/mrtg



Langkah 5 edit file mrtg.cfg

Langkah kelima, supaya monitoringnya jalan arahkan file web console atau workdirnya di "/var/www/html/mrtg" untuk mengedit file mrtg.cfg dengan command "nano /etc/mrtg.cfg" lalu edit pada baris "for Debian".


Langkah 6 Cfgmaker & Indexmaker

Langkah keenam, perintah cfgmaker supaya server kita seolah-olah localhost menjadi public sesuai setting file mrtg.cfg nantinya. lalu indexmaker supaya bisa ditampilakan pada web console MRTG dengan web browse.

Perintah cfgmaker sebagai berikut "cfgmaker public@localhost > /etc/mrtg.cfg".


Perintah indexmaker "indexmaker /etc/mrtg.cfg >> /var/www/html/mrtg/index.html".


Langkah 7 rc.local 

Langkah ketujuh, tambahkan script supaya server saat starup pertama langsung menjalankan script pada file "rc.local" berikut ini command editnya "nano /etc/rc.local". Jangan lupa tambahkan script seperti berikut ini :


Langkah 8 Selesai

Alhamdullilah akhirnya selesai juga menginstall MRTG Monitoring di Debian 9 (stretch) dengan Mudah. Untuk menampilkan web consolenya di browser panggil dengan "http://ip_address_server/mrtg".





Created by : Ira & Rini
Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments