Friday, January 25, 2019

Tutorial Install dan Konfigurasi Ubuntu Server 18.04 LTS Lengkap

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Tutorial Install dan Konfigurasi Ubuntu Server 18.04 LTS LengkapUbuntu adalah sistem operasi Linux desktop lengkap, tersedia secara gratis dengan dukungan komunitas dan profesional. Komunitas Ubuntu dibangun berdasarkan ide-ide yang diabadikan dalam Ubuntu Manifesto: bahwa perangkat lunak harus tersedia secara gratis, bahwa perangkat perangkat lunak harus dapat digunakan oleh orang-orang dalam bahasa lokal mereka dan meskipun ada cacat, dan bahwa orang harus memiliki kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak mereka dengan cara apa pun yang mereka inginkan. "Ubuntu" adalah kata Afrika kuno, yang berarti "kemanusiaan bagi orang lain". Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak. Sumber "Distrowatch". Ubuntu juga menyediakan beberapa Arsitektur seperti armhf, i686, powerpc, ppc64el, s390x, x86_64. Os ini juga cocok untuk pemula yang pingin belajar linux dimana berbasis ".deb". Ubuntu memiliki versi LTS, Nah apa itu LTS??? LTS (Long-term support ) adalah manajemen siklus hidup produk kebijakan di mana rilis stabil dari perangkat lunak komputer yang dipertahankan untuk jangka waktu lebih lama daripada edisi standar. Istilah ini biasanya dicadangkan untuk perangkat lunak sumber terbuka , di mana ia menjelaskan edisi perangkat lunak yang didukung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun lebih lama daripada edisi standar perangkat lunak. Sumber "Wikipedia". Oke itu saja sedikit penjelasan tentang OS Linux Ubuntu. Langsung saja proses instalasinya :

Alat dan Bahan 

  • ISO Ubuntu (18.04 LTS)

Jangka Waktu

Untuk waktu yang dibutuhkan sekitar 1-10 menit selesai

Tahap Pengerjaan

Langkah 1 Please Choose Your Preferred Language

Langkah pertama, Pilih bahasa untuk OS Ubuntu 18.04 LTS anda atau proses instalasinya juga. Jika sudah dipilih klik "enter".





Langkah 2 Keyboard Configuration

Langkah kedua, Nah langkah ini sesuai negara anda disini saya memakai layout "english" dan variant "english". Jika sudah dipilih lalu klik "Done" dengan menekan "enter".


Langkah 3 Ubuntu 18.04

Langkah ketiga, ini pilih yang paling atas ya yaitu "Install Ubuntu" nah lalu tekan "enter" untuk melanjutkan proses selanjutnya.


Langkah 4 Network Connections

Langkah keempat, Selanjutnya pilih kartu jaringan yang aktif di PC atau Laptop anda disini saya contohkan "enp0s3" dengan mendapatkan alamat ip DHCP. Jika sudah lalu pilih "Done" dengan menekan "enter".


Langkah 5 Configure Proxy

Langkah kelima, lalu konfigurasi koneksi Proxy jika anda punya kalau tidak kosongkan saja lalu pilih "Done" dengan menekan "enter".


Langkah 6 Configure Ubuntu Archive Mirror

Langkah keenam, masukkan alamat repository Ubuntu 18.04 LTS baik local indonesia atau pilih yang luar negeri. Contoh saya menggunakan "http://kartolo.sby.datautama.net.id/ubuntu" Jika sudah pilih "Done".


Langkah 7 Filesystem Setup

Langkah ketujuh, Disini teman-teman bisa pilih automatic pengaturan partisi hard disk atau pilih manual dan saya pilih yang manual lalu klik "enter".


Langkah 8 Filesystem Setup

Langkah kedelapan, masih sama dengan langkah diatas lalu buat 2 partisi wajib berada di linux "root" dan "swap". namun saya disini 3 partisi ketambahan partisi "home". Jika sudah klik "Done".


Langkah 9 Profile Setup

Langkah kesembilan, masukkan data OS Ubuntu yang akan diinstall di PC atau Laptop anda isi seperti contoh gambar berikut :


Langkah 10 Featured server snaps

Langkah kesepuluh, nah disini langsung pilih saja "Done".


Langkah 11 Selesai

Alhamdulillah akhirnya selesai juga install Server Ubuntu 18.04 LTS.





Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments