Saturday, October 13, 2018

Cara Konfigurasi VLAN Trunking di Cisco Packet Tracer 7.2


Assalamu'alaikum wr.wb

Pada kesempatan ini saya akan membuat tutorial bagaimana konfigurasi Virtual Lan (VLAN) Trunking di Cisco Packet Tracer. Sebelumnya harus mengetahui apa itu VLAN Trunking ???

Pengertian

Pada VLAN ACCESS dijelaskan bahwa perangkat akan terhubung jika masih dalam 1 vlan id , dan
juga pada 1 interface switch hanya dapat menampung 1 vlan saja. VLAN Trunk digunakan untuk
membawa banyak vlan pada 1 interface switch. Jika pada VLAN ACCESS sebagian besar digunakan untuk menghubungkan end device (komputer), VLAN TRUNK digunakan untuk menghubungkan vlan antar switch atau antar router.



Alat dan Bahan 

Cisco Packet Tracer

Waktu Pelaksanaan

Kurang lebih 6-10 menit waktu pelaksanaannya.

Tahap Pelaksanaan


Langkah 1 Buat Topologi.

Dalam ini saya memakai 2 Switch, 2 pc, 2 laptop dan Kabel Straight, Cross. Vlan yang saya but ada 2 vlan 10 dan vlan 20 masing-masing vlan ada nama.


Langkah 2 Membuat Vlan id dan name.

Vlan Id sangat penting dalam kita mengkonfigurasi vlan di Cisco kenapa ?? Karena Cisco mengenali vlan tersebut dari ID yang ditulis dengan angka dan name sebagai identitas supaya sebagai engginer tau bahwa vlan id ini di berikan nama ini untuk mempermudah manajemen.


Langkah 3 Memasukkan Port ke Vlan.

Memasukkan port ini untuk memisah bahwa range interface f0/1-10 masuk vlan 10 dan lainnya. Namun saya disini hanya interface f0/2 masuk vlan 10 dan interface f0/3 masuk vlan 20.


Langkah 4 Cek vlan.

Untuk mengecek apakah vlan dan port tadi udah benar atau tidak cukup anda masuk mode Global "do show vlan brief" atau juga mode Privilege "show vlan brief".


Langkah 5 Konfigurasi Vlan Trunking.

Untuk konfigurasi vlan trunking cukup simpel yaitu masukkan port dan command "switchport mode trunk". namun dalam dunia Networking bahwa memasukkan satu-satu ke dalam switch memang lama untuk mengantisipasi itu cisco memudahkan engginer untuk mengkonfigurasi satu mode trunk yang switch lawanya ikut trunk dalam mode "auto".




Langkah 6 Simpan konfigurasi.

Selanjutnya simpan konfigurasi tersebut dengan command "copy ru sta" namun ada pada posisi mode Privilege.


Langkah 7 Setting Ip client.

Setelah menyimpan konfigurasi tersebut lakukan konfigurasi ip address pada client sesuai yang anda mau contoh Vlan 10 (192.168.16.0/24).


Langkah 8 selesai.

Langkah terakhir coba ping atau kirim paket dan hasilnya sukses.


Saya sertakan videonya :



Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments