Friday, October 12, 2018

Tutorial Mudah Setting Vlan di Cisco


Assalamu'alaikum wr.wb

Pengertian 

Virtual LAN atau biasa disebut dengan VLAN merupakan salah satu infrastruktur yang keren menurut saya, karena didalam VLAN kita bisa menghubungkan beberapa perangkat yang berbeda network pada satu jaringan fisik, sehingga sangat memudahkan kita jika ingin menghubungkan 2 atau lebih perangkat yang berbeda network tanpa harus membuat kabel lagi untuk menghubungkan 2 atau lebih perangkat tadi, cukup satu kabel saja, semua perangkat yang berbeda network dapat saling terhubung satu sama lain.





Vlan memiliki id dengan cara memberikan angka dan juga nama vlan id yang dibuat. Vlan mempunyai keuntungan salah satunya meminimalisir terjadinya komputer 1 terjangkit virus namun komputer lainnya yang berbeda vlan tidak terkena virus tersebut. Oke jika penasaran ikuti alat yang dipersiapkan buat konfigurasi vlan.

Alat dan Bahan 

Cisco Packet Tracer

Jangka Waktu Pelaksanaan

Kurang lebih 5-10 menit waktu pelaksanaan

Tahap Pelaksanaan

Langkah 1 buat topologi.

Untuk membuat topologi vlan yang dibutuhkan 2 swtich 2690, 2 pc client, 2 laptop client, dan kabel straight dan cross. Kemudian hubungkan alat tersebut membentuk seperti berikut.


Langkah 2 Membuat Vlan Id dan name.

Selanjutnya kita membuat vlan id dan name seperti ditopologi bahwa vlan 10 (zonemint) dan vlan 20 (zonerepo). langkah yang diperhatikan untuk membuat vlan yang pertama buat dulu vlan id lalu berikan nama.


Langkah 3 Masukkan port vlan.

Masukkan port yang mau di vlan seperti contoh f0/2 masuk vlan 10 dan f0/3 masuk vlan 20. Hal ini saya lakukan switch mode access dimana mode ini yang berhubungkan client atau host.


Langkah 4 cek vlan.

Pengecekkan ini bertujuan memastikan apakah port dan vlan tadi udah benar atau belum. Untuk menampilkan konfigurasi vlan ada 2 cara tergantung kondisi kita dimana contoh di mode Privilege kita untuk mengecek "show vlan brief" namun pada mode Global "do show vlan brief".




Langkah 5 Setting ip.

Konfigurasi ip address sesuai yang kita mau contoh vlan 10 (192.168.16.0/24) dan vlan 20 (192.168.14.0/24). Lakukan setting ip kedua client tersebut.


Langkah 6 uji coba.

Dalam uji coba ini saya memakai 2 switch jadi untuk anda harus konfigurasi 2 switch seperti langkah diatas ya. Dan hasilnya sukses pengujian antar vlan yang sama ID.


Catatan : " Jangan malas untuk mencoba ya".

Saya sertakan videonya :



Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments