Thursday, November 8, 2018

Daftar Repository Lokal Debian 9 (Stretch) Indonesia Tercepat,Terbaru




Daftar Repository Lokal Debian 9 (Stretch) Indonesia Tercepat,Terbaru

Assalamu'alaikum wr.wb

Hallo sahabat setia zonemint kali ini admin akan update artikel tentang Daftar Repository Debian 9 (Stretch) Indonesia Tercepat??? Sebelum sampai lanjut teman-teman harus tahu apai itu Server Repository??? Server Repository adalah sekumpulan paket-paket aplikasi atau program untuk sebuah cara operasi (Linux) yang diterapkan untuk mendukung performa dari sebuah aplikasi, program, dan sebagainya yang diperoleh dari Server Mirror situs paket-paket hal yang demikian. Dapat dibilang Repository ini ialah paket-paket khusus untuk sebuah metode operasi yang kemudian paket-paket hal yang demikian di instal untuk menerima daya kerja lebih bagus dari sebuah cara operasi. Oke itu saja penjelasan Sedikit Server Repository Nah sekaran ikuti langkah konfigurasi server repostory di Debian 9 (Stretch)!!!



Alat dan Bahan Pelaksanaan

- Laptop OS (Debian 9 stretch)
- Koneksi Internet
- Klik "Download"

Jangka Waktu Pelaksanaan

Untuk Waktu yang dibutuhkan sekitar 10-20 menit tergantung koneksi internet

Tahap Pelaksanaan

Langkah 1 Login terminal "Root"

Langkah paling awal login dengan username "root" lalu masukkan password root OS teman-teman. Untuk login dari terminal dengan command "sudo su" lalu "enter" dan masukkan password "", kemudian tekan "enter".


Langkah 2 Edit file "/etc/apt/sources.list"

Nah teman-teman di file "/etc/apt/sources.list" ini berfungsi untuk mensinkron ke server repository yang udah teman-teman pilih. Jadi file ini yang di ubah jika mau ganti server repository yang tercepat koneksinya.


Langkah 3 File "/etc/apt/sources.list"

Masih di file sama jika udah buka file tersebut dengan command "nano /etc/apt/sources.list" lalu isikan script paling bawah :

deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ stretch main contrib non-free
deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ stretch-updates main contrib non-free
deb http://kambing.ui.ac.id/debian-security/ stretch/updates main contrib non-free

script itu sebagai contoh lainnya klik "Download" pada "Alat dan Bahan Pelaksanaan". Setelah it simpan konfigurasi tersebut dengan klik "ctrl+x" lalu tekan "y".


Langkah 4 Update Repository

Langkah terakhir update repository debian 9 tersebut dengan command "apt-get update".


Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb


Load comments