Wednesday, January 30, 2019

Cara Konfigurasi Alamat Ip Static Di Ubuntu Server 18.04 LTS

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Konfigurasi Alamat Ip Static Di Ubuntu Server 18.04 LTS - Hallo semuanya kali ini admin akan sharing mengenai setting Ip address static ataupun dhcp di Ubuntu Server 18.04 LTS. Tentunya mengapa kita perlu setting alamat ip udah tau ya jadi saya tidak akan membahas begitu detail. File letak konfigurasi ip baik OS Linux Debian, Ubuntu dan Linux mint secara default berada di "/etc/network/interfaces" Namun pada Ubuntu 18.04 server ini berada di "/etc/netplan" dan juga script didalamnya terdapat perbedaan tentunya lebih simple dan mudah. Oke itu saja sedikit gambaran lalu kita selanjutnya proses konfigurasi tetap ikuti sampai selesai ya!!!

Alat dan Bahan

  • OS Ubuntu 18.04 LTS Server
  • Koneksi Internet

Jangka Waktu

Untuk waktu yang dibutuhkan sekitar 1-4 menit selesai

Tahap Pengerjaan

Langkah 1 Login Server Ubuntu 18.04

Langkah pertama, Login pada Server Ubuntu anda dengan user "root" dan password "sesuai yang anda buat". Jika sudah klik "enter" untuk mengeksekusinya.


Langkah 2 Mengkonfigurasi Ip address Static Server

Langkah kedua, Nah disini file letak konfigurasi alamat ip sedikit berbeda untuk itu ketikkan perintah "nano /etc/netplan/50-cloud-init.yaml". Nah secara default settingannya "DHCP" disini kita edit dan juga kita akan menyetting 2 interfaces sekaligus.


Gambar diatas menujukkan "enp0s3" dan "enp0s8" adalah nama interfaces OS Ubuntu Server anda, lalu addresses "isikan alamat ip static" dan nameservers "disini kita setting dns baik punya google ataupun laiinya". Jika sudah lalu simpan settingannya dengan "CTRL+X" lalu klik "Y".

Langkah 3 Restart Service

Langkah ketiga, Setelah itu kita restart servicenya dengan ketikkan perintah "netplan apply". lalu hasilnya seperti gambar berikut ini.





Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments