Thursday, January 31, 2019

Cara install dan Konfigurasi Web Console Pandora FMS Di Debian 9 Lengkap

keyword
Assalamu'alaikum wr.wb

Cara install Web Console Pandora FMS Di Debian 9 Lengkap - Masih kelanjutan tutorial tentang Server Monitoring dengan Pandora FMS. Sebelum melakukan konfigurasi ini harus mengikuti tutorial Cara Install dan Konfigurasi Pandora FMS Server di Debian 9 kalau belum bisa diklik url tersebut ya. Nah saya tidak akan banyak membahas karena ditutorial kemarin udah saya bahas apa itu Pandora FMS dan sekarang kita konfigurasi via Web console atau melalui browser untuk memonitoring server kita atau agent kita. Oke itu saja ya lanjut ke pembahasan konfigurasinya ikuti langkah-langkah berikut ini.

Alat dan Bahan
  • OS Debian 9 (Stretch)
  • Web Browser (Google Chrome, Mozila firefox, Safari dll)
Jangka Waktu 

Untuk waktu yang dibutuhkan sekitar 1-8 menit selesai

Tahap Pengerjaan

Langkah 1 Buka Browser 

Langkah pertama, Buka web browser anda baik Google Chrome atau lainnya lalu ketikkan "192.168.14.100/pandora_console/install.php". Jika sudah muncul lalu klik "Next".





Langkah 2 GPL2 License Terms Agreement

Langkah kedua, bagian kesepakatan licensi aplikasi tersebut kalau mau dibaca silahkan, jika sudah sampai selesai klik "Yes, I Accept  License Terms".


Langkah 3 Environment and Database Setup

Langkah ketiga, Kita akan membuat database baru untuk aplikasi Pandora FMS dan isikan username DB Mysql anda beserta password jika sudah klik "Next".


Langkah 4 Konfirmasi Instalasi

Langkah keempat, kita lakukan konfirmasi instalasi dan sebelum ini ada pengecekan pilih "Next" aja.


Langkah 5 Rename file Install.php

Langkah kelima, kita sudah selesai menginstall lalu kita akan disuruh merename untuk membackup jika mau install ulang tools tersebut. Kalau tidak klik "Yes, rename the file".


Langkah 6 Login

Langkah keenam, Alhamdulillah akhirnya selesai juga dan disini kita login sebagai admin untuk memonitoring dengan user "admin" password "pandora" secara default, kemudian klik "Login".





Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments