Saturday, February 23, 2019

Cara Install Moodle Di Debian 9 Menggunakkan Apache, MariaDB, PHP7.0-FPM

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Tutorial Cara Install Moodle Di Debian 9 - Hallo selamat pagi semuanya jumpa lagi bersama zonemint dengan artikel yang baru. Teman-teman mestinya pernahlah mengikuti ujian berbasis online, oke lebih detailnya kalau mengikuti ujian CBT disekolahan kebanyakan platfrom atau LMS yang digunakkan yaitu Moodle. Lalu apa itu Moodle ??? MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Dan apa itu LMS ??? Learning Management System (biasa disingkat LMS) adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan, program pembelajaran elektronik (e-learning program), dan isi pelatihan. Sebuah LMS yang kuat harus bisa melakukan hal berikut: menggunakan layanan self-service dan self-guided. Jadi Moodle tersebut dikategorikan kedalam perangkat lunak yang berbasis LMS. Penggunaan layanan ini sangat banyak sekarang dimana meringankan pekerjaan guru untuk mengadakkan ujian dengan selembar kertas dan tentunya harus lama untuk mengoreksi tetapi dengan LMS Moodle ini guru cukup membuat soal beserta jawaban lalu diupload ke Server LMS yang udah diinstall Moodle. Oke itu saja sedikit penjelasannya untuk selanjutnya ikuti langkah-langkah proses instalasinya :

Langkah pertama, Download file moodle lalu extrak dengan command "unzip moodle-3.6.2.zip" dan pindahkan ke directory public html yaitu "/var/www/html/" dengan command "mv moodle/ /var/www/html".


Langkah kedua, edit konfigurasi default apache2 yang berada di "/etc/apache2/sites-available/000-default.conf" lalu tambahkan pada baris "DocumentRoot" menjadi "/var/www/html/moodle".


Langkah ketiga, mengaktifkan script konfigurasi apache2 dengan command "a2ensite 000-default.conf" lalu restart service apache2 dengan command "/etc/init.d/apache2 restart".


Langkah keempat, Buatlah database baru untuk menyimpan data user menggunakkan CLI ya!!! commandnya seperti gambar berikut :


Langkah kelima, buka browser yang anda gunakkan sekarang seperti Google Chrome, Mozila, Safari dll. Kemudian ketikkan "192.168.14.1/moodle", lalu akan muncul halaman pertama untuk memilih bahasa instalasi moodle. Jika sudah memilih bahasa kemudian klik "Next".


Langkah keenam, butlah folder data user dimana akan disimpan dalam folder tersebut dan berikan hak akses.


Langkah ketujuh, lalu jika sudah klik tombol next setelah langkah kelima diatas.


Langkah kedelapan, kita disuruh memilih DB Engine yang kita gunakkan disini saya memilih "MariaDB" kemudian klik "Next".


Langkah kesembilan, masih sama setting koneksi ke DB engine server yang anda gunakkan untuk itu isikan sesuai username dan password masuk DB engine anda lalu untuk database nama samakan seperti langkah keempat ya!!! jika sudah jangan lupa klik "Next".


Langkah kesepuluh, nah kita akan ditampilkan license open source LMS Moodle tersebut. kemudian klik "Continue".


Langkah kesebelas, kemudian lms moodle mengecheck paket yang dibutuhkan menginstall udah ada atau belum tandanya kalau "Merah" artinya harus diinstall atau diperbaiki, tanda "Kuning" artinya boleh diinstall lebih baik atapun tidak, dan tanda "Hijau" artinya sudah diinstall dan siap untuk menginstall LMS Moodle di server CBT anda. kemudian jika sudah klik "Continue".


Langkah ketigabelas, jika menemukkan error mysql_full_unicode_support. Lalu tambahkan script seperti gambar berikut ini yang berada di konfigurasi mysql "/etc/mysql/mariadb.conf.d/50-server.cnf" ini untuk debian 9 yang menggunakkan MariaDB kalau debian 8 cukup di "/etc/mysql/my.cnf". Hati-hati penulisanya besar kecil huruf, spasi baris kata akan mempengaruhi ya!!! Jadi slow aja enjoy jangan dibuat pusing.


Langkah keempatbelas, lalu jika sudah setelah langkah keduabelas tersebut tunggu sampai proses install selesai jika muncul "continue" di klik aja untuk melanjutkan proses selanjutnya.


Langkah kelimabelas, Nah lalu isikan data admin  anda untuk memanajemen Server LMS Moodle. jika sudah diisi klik "Update Profile".


Langkah keenambelas, setting tampilan nama front page CBT anda.


Langkah ketujuhbelas, Alhamdulillah akhirnya selesai juga instalasinya dan siap dipakai.


Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments