Saturday, February 9, 2019

Cara Install Roundcube Webmail di Debian 9

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Install dan Konfigurasi Roundcube Webmail di Debian 9Roundcube adalah salah satu aplikasi webmail dengan basis IMAP. Roundcube ditulis dengan bahasa pemograman PHP. Fitur yang jadi andalan dari aplikasi webmail satu ini adalah penggunaan Ajax. Roundcube solusi webmail sumber bebas dan terbuka dengan antarmuka pengguna seperti desktop yang mudah diinstal / dikonfigurasikan dan dijalankan pada server LAMPP standar. Skin menggunakan standar web terbaru untuk membuat UI yang fungsional dan dapat disesuaikan. Nah yang membuat beda kali ini kita akan menggunakan web server "Nginx" yang terkenal super cepat dibandingkan dengan liyane. Dan juga DB engine yaitu Mysql diinstall di Debian 9.7 (Stretch). Oke langsung saja ke pembahasannya!!!



Langkah pertama, Download dan Upload file Roundcube ke server virtual Debian 9 bisa menggunakkan aplikasi ketiga yaitu Filezilla, Winscp dll dengan protocol SFTP atau FTP. 


Langkah kedua, Selanjutnya extrak file dengan command "tar -xvf roundcubemail-13.8-complete.tar.gz" lalu tekan "enter".


Langkah ketiga, Lalu setelah extrak file tersebut pindahkan ke dalam directory public_html yang berada "/var/www/html" nah untuk memindahkannya dengan perintah sebagai berikut,

root@zonemint:/home/magigi# mv roundubemail-1.3.8/ /var/www/html/


Langkah keempat, buatlah database baru untuk webmail tersebut.




Langkah kelima, Buka browser yang anda gunakkan lalu ketikkan "192.168.14.1/roundcubemail-1.3.8/installer/" lalu tekan "enter", kemudian jika sudah yang terpenting disini untuk dicheck yaitu php dan Dabatases. Lalu tarik halamannya sampai bawah dan klik "Next".


Langkah keenam, setting database setup dimana isikan alamat server DB, nama database yang digunakan, username dan password akses DB server anda. jika sudah klik "Next" paling bawah halaman ini.


Langkah ketujuh, lalu download file settingan yang udah kita buat tadi yaitu config.inc.php, kemudian pindah ke dalam directory roundcubemail-1.3.8/config dan jika sudah klik "continue".


Langkah kedelapan, berikkan hak akses pada directory "temp" dan "logs" supaya webmail berjalan dengan baik.


Langkah kesembilan, Alhamdullilah akhirnya selesai juga install Roundcube webmail di Debian 9 dengan web server "Nginx".








Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments