Saturday, February 16, 2019

Cara Install Wordpress di Debian 9

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Install dan Konfigurasi CMS Wordpress di Debian 9 - WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain itu juga Wordpress ini sangat user friendly dimana mudah kita post artikel, memanajemen website, support tema-tema yang menarik dan Juga mudah ranking di Search Engine Google atau SEO. Menjadi cepat website kita saat ngeload artikel karena web server yang akan digunakkan yaitu Nginx. Nginx  adalah server HTTP dan Proxy dengan kode sumber terbuka yang bisa juga berfungsi sebagai proxy IMAP/POP3. Nginx terkenal karena stabil, memiliki tingkat performansi tinggi dan minim mengonsumsi sumber daya. Documentasinya juga sangat lengkap dan mudah dipelajari bagi pemula. Oke itu saja sedikit penjelasan mengenai apai itu CMS Wordpress dan Web Server Nginx dimana sebelumnya belum tahu akhirnya menjadi lebih tahu sesudah membaca artikel ini.

Alat dan Bahan :

  • Server Debian 9 (Stretch)
  • ISO DVD 1,2,3
  • File Wordpress versi 5

Jangka Waktu

Untuk waktu yang dibutuhkan sekitar 5-10 menit 

Tahap Pengerjaan

Langkah pertama, download dan extrak cms wordpress didalam server teman-teman dengan perintah "Unzip wordpress-5.0.3.zip", kemudian tekan "enter".


Langkah kedua, create database untuk cms tersebut disini saya menggunakkan DB Mysql berikut ini cara membuat database baru via CLI.


Langkah ketiga, pindahkan hasil extrakan tadi kedalam directory "/usr/share/nginx/html" dengan perintah "mv wordpress/ /usr/share/nginx/html" lalu berikan hak akses file atau folder dan Owner supaya dapat diakses siapa saja dengan perintah "chown -R www-data:www-data /usr/share/nginx/html/wordpress". Berikut ini contoh perintahnya dicermati ya!!!


Langkah keempat, edit file default konfigurasi web server "Nginx" supaya dapat execute untuk proses install cms wordpress di server Debian 9. Yang perlu diedit dan ditambahkan pada baris "root" lalu "add index..." isikan pada baris "root" dengan letak kita menaruh file extrakan tadi "/usr/share/nginx/html/wordpress" dan tambahkan script di baris "Add index...." dengan "index.php". Jika masih bingung lihat gambar dibawah ini ya!!!


Langkah kelima, buka web browser google chrome atau mozila dll, lalu ketikkan "alamat_server atau alamat_ip_address" seperti contoh "zonemint.cf", kemudian tekan "enter".


Langkah keenam, setting database connection untuk CMS Wordpress. Disini nama, username dan password sama saat install mysql ataupun create database baru tadi.


Langkah ketujuh, jika semua sudah ready klik "Run the Installation".


Langkah kedelapan, Information Needed isikan judul website teman-teman lalu username dan password admin untuk dashboard, verifikasi keemail yang teman punya, jika udah diisi lengkap lalu klik "Install wordpress".


Langkah kesembilan, login dashboard dengan mengisi username dan password sama dilangkah kedelapan.


Langkah kesepuluh, Alhamdullilah akhirnya selesai juga menginstall CMS Wordpress di Debian 9 dengan mudah dan tentunya mudah diikuti tutorialnya, Semoga dapat bermanfaat ya!!!



Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments