Sunday, March 31, 2019

Cara Konfigurasi Ip Address Debian 8

keyword


Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Konfigurasi Ip Address (Static) Debian 8 Jessie - Setelah install minimal server Debian 8 lalu hal yang perlu atau terpenting adalah kita harus setting ip address agar dapat terhubung jaringan. Pengertian ip address itu sendiri "IP Address" atau kepanjangan dari Internet Protocol Address yang artinya alamat ip adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Begitu penting kita setting ip address agar dapat terhubung dengan jaringan. Nah berikut ini langkah-langkah kita setting ip address dengan manual (Static) di Debian 8 Jessie.

Langkah pertama, login OS Virtual Server debian 8 anda dengan user "root" lalu kita edit directory "/etc/network/interfaces". Caranya yaitu dengan kettikan perintah :

root@zonemint:~# nano /etc/network/interfaces

Langkah kedua, edit script tersebut seperti dibawah ini :

iface eth0 inet static    
address 192.168.14.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.14.0
gateway 192.168.14.100
broadcast 192.168.14.255
dns-nameservers 8.8.8.8


Langkah ketiga, simpan dengan tekan tombol CTRL+ X lalu tekan "Y". Kemudian restart service dan cek status dengan caranya seperti berikut :

root@zonemint:~# /etc/init.d/networking restart
root@zonemint:~# /etc/init.d/networking status


Langkah keempat, cek apakah ip address "eth0" udah muncul atau belum, semisal belum lakukan restart service tersebut seperti langkah ketiga. Cara untuk mengeceknya yaitu ketikkan perintah seperti berikut :

root@zonemint:~# ifconfig eth0 atau root@zonemint:~# ifconfig -a

kedua perintah tersebut yang membedakkan "ifconfig eth0" kita hanya menampilkan adapter jaringan "eth0" saja namun "ifconfig -a" semua kartu jaringan yang ada di Debian 8 Jessie



Catatan : "Setiap yang bernyawa akan merasakan kematian" Ali Imran: 185


Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments