Friday, March 8, 2019

Cara Partisi Manual di Debian

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Partisi Hardisk Manual di Debian 8 atau Debian 9 dengan Mudah - Partisi adalah pembagian kapasitas harddisk, cara partisi di sistem operasi debian dilakukan pada saat instalasi sistem operasi linux debian, meskipun ada cara yang otomatis (terpandu untuk pemula) tetapi bagi kalian yang ingin belajar mem partisi secara manual, bisa simak artikel berikut ini. Pemartisian pada OS Debian hanya terdiri 2 yaitu Root (/) dan Swap (/swap). Nah kedua tersebut harus ada dalam menginstall Debian baik basis GUI atau Text (CLI). Untuk lanjutnya simak artikel bagaimana cara membuat partisi di debian berikut ini :

Langkah pertama, Partition disk method pilih yang "Manual" sesuai judul artikel ini.

keyword

Langkah kedua, Select disk yang akan kita partisi lalu klik "enter" kemudian buat baru dengan memilih "yes".


Langkah ketiga, pilih disk yang akan kita partisi dimana masih "FREE SPACE" lalu klik "enter".


Langkah keempat, How to use this free space pilih "create a new partition".


Langkah kelima, buat partisi untuk system root atau "C" lalu setting berapa gigabyte ukuran partisi "root" pada langkah ini tergantung besar hardisk yang kita pakai tetapi lebih besar ukurannya performannya juga lebih baik.


Langkah keenam, pada langkah "Type for the new patition" pilih yang primar atau paling utama karena root itu partisi system atau "C" kalau diwindows. Nah nanti bedanya kalau "swap" pilih yang second sesuai default aja ya!!!


Langkah ketujuh, Nah lalu kita letakkkan partisi tersebut pada "Beginning" aja lalu klik "enter".

keyword

Langkah kedelapan, Jika semua sudah oke lalu pilih "Done setting up the partition". Disini yang perlu diperhatikan kalau partisi root memakai file system "ext4" namun kalau swap memakai "swap" dan juga pada mount point kalau root simbolnya "/" kalau swap "/swap".

keyword

Langkah kesembilan, Nah jika semua oke lalu klik "finish..." nanti akan ada notif pilih "yes" aja selesai. Semoga dapat bermanfaat tutorial cara membuat partisi instalasi debian on hardisk.

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments