Monday, December 10, 2018

Apa itu Broadcast Domain dan Collision Domain

Broadcast Domain dan Collision Domain

Assalamu'alaikum wr.wb

Hallo sahabat zonemint jumpa lagi. Kali ini saya akan update baru tentang Broadcast Domain dan Collision Domain. Nah apa itu yuk simak penjelasan dibawah ini :

A.Pengertian

Broadcast Domain adalah pembagian logis dari jaringan komputer , di mana semua node dapat saling dijangkau oleh broadcast pada layer data link . Domain broadcast bisa berada dalam segmen LAN yang sama atau bisa dijembatani ke segmen LAN lainnya.Anggota broadcast domain juga bisa berupa perangkat atau komputer yang terhubung langsung ke switch atau repeater yang sama.Perangkat jaringan, seperti router, digunakan untuk memisahkan batas-batas broadcast domain.

Collision Domain adalah segmen jaringan yang dihubungkan oleh media bersama atau melalui repeater tempat paket data saling bertabrakan saat dikirim. Domain tumbukan berlaku terutama di jaringan nirkabel , namun juga mempengaruhi versi awal Ethernet . Tabrakan jaringan terjadi bila lebih dari satu perangkat mencoba mengirim paket pada segmen jaringan secara bersamaan. Anggota domain benturan mungkin terlibat dalam tabrakan satu sama lain. Perangkat di luar domain tabrakan tidak memiliki tabrakan dengan yang ada di dalamnya.

B.Perbedaan

Broadcast Domain:
Terjadi di seluruh Intermediate Device (Router,Switch,Hub,Access Point) yang mana semua client yang terhubung ke perangkat tersebut akan menerima pesan Broadcast
Collision Domain:
Hanya terjadi pada Hub.

Nah saya simpulkan bahwa Broadcast domain pencarian dalam satu segmen network untuk mengetahui alamat ip berapa yang digunakkan dan Collision domain tabrakan paket data dalam media bersamaan.

Oke itu saja berikut ini Video Uji coba Broadcast Domain perangkat Cisco versi 7200 dengan aplikasi GNS3 :



Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments