Monday, February 4, 2019

Cara Install dan Konfigurasi NTP Server Di Ubuntu Server 18.04 LTS

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Install dan Konfigurasi NTP Server Di Ubuntu Server 18.04 LTS - Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk pengsinkronan waktu di dalam sebuah jaringan bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. Protokol ini juga dapat digunakkan untuk security pada Server anda karena waktu juga berpengaruh dalam analisis hacker yang melakukan attack terhadap server anda. Ntp memiliki 2 jenis yaitu Server dan Client.
Paket yang dapat diinstall pada Ubuntu Server 18.04 sebagai NTP server yaitu ntp atau chrony. Oke itu saja penjelasan mungkin jika belum paham bisa di baca kembali dan sekarang langsung ke langkah instalasi dan konfigurasinya.




Langkah pertama, update repository Server Ubuntu dengan command :

root@zonemint:~# apt-get update



Langkah kedua, Install paket NTP Server di Ubuntu Server 18.04 dengan perintah :

root@zonemint:~# apt-get install ntp



Langkah ketiga, edit file ntp untuk menyetting server ntp tersebut pada directory atau file "/etc/ntp.conf" nah lalu edit dengan command :

root@zonemint:~# nano /etc/ntp.conf


Gambar 1, tambahkan alamat ntp negara indonesia bisa kunjungi ntp.pool. lalu berikan tanda pager pada baris 21-24 dan isikan alamat server ntp indonesia dibawahnya seperti contoh gambar berikut.


Gambar 2, Lokal Ntp Server ke Client baik OS windows ataupun laiinya. edit baris 52 lalu isikan alamat network ip interface yang terhubung ke client.


Langkah keempat, Restart dan check status service ntp server dengan command seperti gambar berikut :


Langkah kelima, alhamdulillah akhirnya selesai juga check waktu apakah udah sinkron dengan server ntp negara indonesia dengan command :

root@zonemint:~# ntpq -p






Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments