Thursday, May 23, 2019

Custom Symbols Perangkat GNS3 Simulator

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Custom Symbols Perangkat GNS3 SimulatorSebelumnya kita harus mengenal apa itu GNS3??? Graphical Network Simulator-3 adalah emulator perangkat lunak jaringan yang pertama kali dirilis pada 2008. Ini memungkinkan kombinasi perangkat virtual dan nyata, yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan yang kompleks. Menggunakan perangkat lunak emulasi Dynamips untuk mensimulasikan Cisco IOS. Tidak hanya itu simulator jaringan namun GNS3 ini aplikasi yang dapat menjalankan virtual baik server, router (Mikrotik, Cisco, Juniper dll), windows dll. Dengan ini kita diperuntungkan untuk dapat menjalankan beberapa virtual yang dapat berjalan dengan semestinya. GNS3 ini tersedia gratis atau free semua dapat menginstall di system operasi windows, max os, linux. Struktur icon perangkat diGNS3 dapat didesian dengan aplikasi inkscape tool design yang tersedia free dan bias dicoba beberapa system operasi. Scalable Vector Graphics (SVG) adalah format gambar yang menggunakan XML (eXtensible Markup Language) sebagai dasar untuk membentuk gambar vektor dua dimensi.SVG adalah format gambar yang dikembangkan oleh Word Wide Web Consortium (W3C) sejak tahun 1999. Sebuah gambar dengan format SVG disimpan dalam bentuk file XML.

Langkah pertama, jalankan aplikasi GNS3 lalu buat new project kemudian pilih menu "edit" lalu pilih "Preferences". Jika sudah pilih perangkat yang akan diedit dengan icon baru seperti contoh perangkat mikrotik yang dijalankan dengan qemu. Nah jika sudah diselect lalu pilih "edit".


Langkah kedua, pada window "General Settings" lalu pilih menu "Symbols" kemudian pilih "browse...


Langkah ketiga, Symbols selection kita pilih yang "Use a custom symbol" lalu pilih "Browse..."



Langkah keempat, lalu cari icon yang udah didesign sebelumnya kemudian klik "Open".


Langkah kelima, akhirnya selesai juga kita berhasil custom symbol perangkat diGNS3 Simulator.


Catatan : "Jangan bangga ketika manusia tahu perjuangan Anda. Tahu tidaknya mereka tidak manfaat tidak mudharat. Yang penting Allah terima! " Prof. Dr. Afnan Tilmisani

#GN3 #Simlator #Jaringan 

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments