Saturday, June 22, 2019

Cara Konfigurasi Manajemen User di MikroTik

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Manajemen User di MikroTik Setelah tadi kita merubah identitas router MikroTik, kita juga bisa menambah / menghapus user yang dapat mengakses Router. Pada konfigurasi default, MikroTik hanya mempunyai satu user, yaitu admin dan tidak memiliki password. User pada MikroTik sendiri mempunyai Group atau Hak akses yang dapat di lakukan oleh User tersebut. Diantaranya :


  • Full = User dengan hak akses full bisa melakukan semua konfigurasi di router MikroTik. Dan bisa menambah/menghapus User. 


  • Write = User dengan hak akses write hanya bisa melakukan konfigurasi (menulis), dan tidak bisa menambah / menghapus user yang ada.


  • Read = User dengan hak akses Read hanya bisa melihat konfigurasi di Router MikroTik saja. Tidak bisa melakukan konfigurasi apapun. 

Untuk menambahkan user baru, ada 2 cara dengan CLI maupun GUI berikut ini cara konfigurasinya :

Langkah pertama, Buka aplikasi winbox lalu remote router mikrotik anda kemudian buka menu " System => Users => kemudian tekan tombol + " untuk hasinya sebegai berikut :


Langkah kedua, sedikit perbedaan dari langkah sebelumnya karena disini kita setting via terminal atau bisa disebut CLI ya. Nah jika masih penasaran jangan lupa dibaca sampai akhir ya.

[admin@CHR-MAGIGI] > user add name=Guest group=write password=guest123
[admin@CHR-MAGIGI] > user print

       
Saya lampirkan video tutorialnya :



Catatan : "Ketika harapan itu kita gantungkan kepada manusia, pasti berakhir dengan kekecewaan. Harapan yang indah adalah hanya berharap kepada Allah semata"  Ustadz Abu Yahya Badursalam.

#Mikrotik #MTCNA #RB760iGS


Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments