Saturday, June 15, 2019

Cara remote router Mikrotik dengan Winbox, SSH, Telnet dan Browser

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara remote router Mikrotik dengan Winbox, SSH, Telnet dan Browser - Dengan perkembangan zaman internet sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak vendor jaringan yang menyediakkan berbagai fungsi salah satu untuk mendistribusikkan koneksi internet ke device seperti smartphone, laptop ataupun pc dll. Dengan begitu berikut ini vendor jaringan yang populer di negara indonesia yaitu mikrotik. Router mikrotik sangat berperan penting untuk mendistribusikan koneksi internet. Selain itu masih banyak fungsi dari router mikrotik, namun banyak juga kita dapat meremote router tersebut dengan protokol SSH, Telnet, Winbox dan Browser. Salah satu dari keempat tersebut juga memiliki interfaces yang berbeda. Untuk lebih lanjutnya kita lakukan bagaimana remote router mikrotik dengan keempat cara tersebut.

Winbox

Winbox adalah sebuah software atau utility yang di gunakan untuk meremote sebuah server mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) melalui operating system windows.

Langkah pertama, download aplikasi tersebut di website resmi produk mikrotik yaitu mikrotik.com lalu jalankan aplikasi tersebut. Untuk meremote bisa menggunakkan mac address dan ip address. Namun jika menggunakkan ip address anda harus satu kelas network atau sudah dilakukan routing supaya dapat berkomunikasi berbeda network.


Langkah kedua, kita berhasil untuk meremote router mikrotik dengan aplikasi Winbox. Sebelumnya saya juga sudah membuat artikel membahas tentang aplikasi winbox bisa dibaca terlebih dahulu ( Mengenal tools Winbox ).


SSH 

Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

Langkah pertama, sebelum melakukan untuk meremote router mikrotik dengan SSH terlebih dahulu download sebuah aplikasi yang dapat meremote sebuah router dengan service SSH tersebut yaitu Putty bisa langsung download di website resminya putty.org. Jika sudah untuk meremote kita hanya bisa menggunakkan ip address tidak bisa dengan mac address jadi terlebih dahulu samakan satu network ya!!! Untuk langkah prosedurnya cukup simple masukkan alamat ip address lalu klik connect.


Langkah kedua, kita dapat remote mikrotik dengan service SSH tersebut.


Telnet

Telnet adalah singkatan dari Telecommunications Network Protocol, merupakan remote login yang terjadi pada jaringan internet disebabkan karena adanya service dari protocol Telnet. Dengan adanya Telnet dapat memungkinkan pengguna dapat mengakses komputer lain secara remote melalui jaringan internet.

Langkah pertama, jika anda menggunakkan windows buka window "command prompt" namun jika anda menggunakkan sistem operasi Linux cukup buka "terminal" lalu ketikkan perintah "telnet 192.168.16.1" kemudian tekan "enter" untuk mengeksekusinya. Jika gagal mengeksekusi perintah telnet di windows terlebih dahulu aktifkan command perintah telnet ya ( Cara Enale Fitur Remote Telnet di Windows 10)


Langkah kedua, hasilnya kita dapat meremote router mikrotik dengan protokol telnet tersebut.


Browser

Kita dapat meremote router dengan aplikasi browser karena router mikrotik menggunakkan service http dengan port 80. Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.

Langkah pertama, install salah satu aplikasi browser saya contohkan google chrome. Untuk meremote cukup simple ketikkan alamat ip router yang mau diremote atau domain yang sudah direcord pada router tersebut dengan service DNS. Lalu masukkan user dan pass yang dapat meremote router mikrotik tersebut.


Langkah kedua, Alhamdullilah akhirnya kita dapat meremote router mikrotik dengan begitu mudah dan simple.


Dari keempat cara tersebut bisa disimpulkan bahwa setiap cara juga mempunyai kelebihan dan kekurangan jadi bagi saya recomended bisa menggunakkan winbox ya hehehe :)

Catatan : "Jika kamu berada di waktu sore, janganlah tunggu waktu pagi. Jika engkau berada di waktu pagi, janganlah menunggu sore hari. Pergunakanlah sehatmu sebelum datang sakitmu, dan pergunakanlah hidupmu sebelum datang kematianmu".

#Mikrotik #SSH #Telnet 

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments