Thursday, September 12, 2019

Tutorial Pasang Kabel Patch Cord di CRS port SFP

Tutorial Pasang Kabel Patch Cord di CRS port SFP

Assalamu'alaikum wr.wb

Tutorial Pasang Kabel Patch Cord di CRS port SFP 10Gb - sebelum ke tutorial kamu haru ketahui apa itu kabel pathcord dan apa itu port SFP??? Kabel Patch Cord adalah kabel fiber optik dengan panjang tertentu yang sudah terpasang konektor di ujungnya dan digunakan untuk menghubungkan antar perangkat atau ke koneksi telekomunikasi. Dan SFP adalah perangkat yang men-transmitte dan me-receive sinyal informasi dengan media serat optik. SFP merupakan pengembangan dari Gigabit Interface Converter (GBIC). SFP disebut juga mini-GBIC. Istilah GBIC artinya suatu port yang dikhususkan untuk berhubungan dengan jaringan backbone dengan bandwidth yang besar. Nah sudah dijelaskan apa itu kabel Patchcord dan port SFP. Oke langsung saja sobat ke tutorial cara pemasangannya.

Langkah pertama, siapkan sebuah kabel patch cord dan 2 buah konektor sfp, selain itu juga pastikan CRS atau router anda support konektor SFP ya.

2 buah CRS seri 326-24G-2S+RM dan CRS seri 328-24P-4S+ dibawah ini :


Kabel Patchord dibawah ini :


Terdapat konektor SFP yang menghubungkan kedua router dengan kabel patchcord :


Langkah kedua, colokkan konektort SFP dengan posisi biru2 tersebut diatas ya kalau kebalik tidak akan bisa masuk konektor SFP ke dalam port SFP. 


Langkah ketiga, jika sudah tertancap seperti gambar diatas lakukan tutup pengait biru dengan ke arah atas dan hasilnya seperti ini.


Langkah keempat, colokkan kabel patchcord ke konektor SFP yang terlah dicolok ke port SFP untuk pemasangannya seperti gambar berikut.


Langkah kelima, pastikan posisi port SFP terindikasi kedip2 dengan warna hijau ya. Dan lakukan pengecekkan apakah sudah terpasang dengan baik atau tidak. Nah untuk itu remote kedua CRS tersebut dengan winbox.


Catatan : "Orang berakal bukanlah yang kenal akan mana yang baik mana yang buruk, melainkan orang yang jika kenal kebaikan lalu ia ikuti, jika kenal keburukan lalu ia jauhi " Sufyan ibn Uyainah

#NeworkEngineer #CRS #Mikrotik #SFP

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments