Sunday, September 8, 2019

Cara Setting VLAN Mikrotik RB750Gr2

 Tutorial Cara Setting VLAN Mikrotik RB750Gr2

Assalamu'alaikum wr.wb

Tutorial Cara Setting VLAN Mikrotik RB750Gr2 - Sebelum kita melakukan konfigurasi lebih baiknya harus tau apa itu VLAN??? Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Kita juga dapat diperuntungkan dengan menggunakkan VLAN dikarena kita menghemat penggunaan port Router kita cukup satu untuk terminasi ke Client bisa menggunakkan Switch Unmanagement atau yang sudah management. Tak lupa juga kita diperuntungkan dengan penyebaran virus misal dalam satu client ke semua jaringan kita. Mungkin sedikit saja penjelasannya dan langsung ke tutorial setting vlan di Mikrotik RB750Gr2 berikut ini :

Langkah pertama, jalankan aplikasi winbox kemudian lakukan remote router anda dengan mac address. Setelah itu buka menu "interface" dan pilih samping kanan dengan menu "VLAN".


Langkah kedua, tambahkan virtual lan baru dengan menekan tanda (+) dan yang perlu disetting ialah pada kolom "Name", "VLAN ID" dan pada kolom "Interface". Nah perhatikan pada kolom vlan id untuk name bisa terserah bebas.


Langkah ketiga, buatlah satu lagi vlan yang berbeda ID langkahnya seperti diatas.


Langkah keempat, tambahkan ip address masing vlan yang sudah kita buat tadi dengan berbeda network.

Masuk menu IP>Address :


Tambahkan alamat ip dimasing vlan tadi :


Langkah kelima, kita ujicoba apakah berhasil atau tidak kita setting VLAN tadi.


Catatan : "Terbunuh di jalan Allah menghapuskan (dosa) seluruhnya, kecuali hutang" HR. Muslim no. 1886

#VLAN #MTCNA #RB750Gr2

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments