Monday, January 20, 2020

Tutorial Cara Mudah Install dan Konfigurasi Iperf3 di Debian 10

Tutorial Install dan Konfigurasi Iperf3 di Debian 10

Assallamu'alaikum wr.wb

Tutorial Cara Mudah Install dan Konfigurasi Iperf3 di Debian 10Iperf adalah alat untuk mengukur bandwidth dan kualitas link jaringan, tersedia pada sistem Linux, berukuran kecil dan dapat diinstall dengan mudah. Salah satu software ini sangat berguna dan pengunaanya juga cukup simple namun yang harus diketahui bahwa untuk server yang dipakai speed test harus posisi dalam nyala iperf dan mode berjalan saat dilakukan speed test dari server laiinya, jika tidak proses speed test tidak akan berjalan dengan semestinya.

Nah untuk sebelumnya kita juga perlu install aplikasi iperf baik di server dan client, iperf juga menyediakan berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, Mac os X, Docker dan Android.

Download dan Install Paket iperf


Disini saya ambil contoh dengan linux Debian 10 amd64 paketnya extensi *.deb dan yang perlu didownload ada 2 paket yaitu iperf3 dan libiperf3 seperti halnya sesuai arsitektur sistem anda baik 64bit maupun 32bit ya.

Langkah pertama, jika sudah selesai download lalu upload di server atau client linux untuk diinstall kedua sistem operasi tersebut.

Untuk cara installnya cukup ketikkan perintah : 

root@zonemint:~#dpkg -i nama_paket --- seperti gambar dibawah ini ya

File yang sudah diupload di server


Proses install iperf


Langkah kedua, lalu aktifkan server speed test iperf dengan command seperti berikut :

root@zonemint:~#iperf -s

Dan sisi client kita cukup ketikkan perintah seperti berikut :

root@zonemint:~#iperf -c 192.168.14.1

Perhatikan bahwa ip address tersebut ip sisi server yang buat sebagai speed test. Dan dibawah ini hasil pengetesan dengan transfer 419Mb ditunjukkan menggunakkan bandiwth 3.0 Gb.



#Debian #Iperf #Speedtest #Bandwith

Sekian dari saya
Wassallamu'alaikum wr.wb

Load comments