Monday, February 3, 2020

Tutorial Pembahasan UKK TKJ Paket 3 Tahun 2019/2020


Assallamu'alaikum wr.wb

Tutorial Pembahasan UKK TKJ Paket 3 Tahun 2019/2020 Lengkap - Sudah sampai paket ketiga teman-teman untuk paket ini kita akan lebih kombinasi dengan sistem operasi linux untuk konfigurasi webserver yang diinstall dengan CMS Wordpress. Selanjutnya kita akan diberikan soal subnetting yang menerapkan konsep VLSM mungkin jika belum tau bisa cari digoogle subnetting VLSM.

Sedikit saja penjelasannya kita masuk ke langkah-langkah konfigurasinya....

Untuk soalnya bisa didownload klik menu button dibawah ini :


Langkah pertama, Setting ip address untuk gateway ke isp dan ke lokal jaringan network kita dengan sesuai ip yang kita lakukan subnetting VLSM, untuk detailnya bisa dilihat gambar berikut ini :


Langkah kedua, agar dapat terkoneksi dengan internet kita perlu namanya gateway, gateway hanya didapat dari ISP yang melayani internet kepada kita semua. nah untuk itu masuk menu "IP->Routes", lalu klik tambah kemudian isikan ip gateway dari isp dikolom gateway selanjutnya klik "Apply" dan "OK".


Langkah ketiga, konfigurasi wirelless untuk fasilitas hotspot dengan memasukkan username dan password sesuai database di perangkat router. Untuk detailnya saya lampirkan juga video tutorialnya :




Langkah keempat, setting web server dengan menginstall CMS wordpress didalamnya untuk lokal jaringan. untuk terkait hal ini bisa baca artikel install dan konfigurasi wordpress di Debian 9. Dan untuk detailnya juga saya lampirkan video sebagai berikut ini :



Langkah kelima, konfigurasi dhcp server untuk client kita yang menggunakkan baik wifi ataupun pakai kabel lan. Untuk langkah konfigurasinya lihat video berikut ini :




Langkah keenam, Konfigurasi wirelless dengan settingan mode access point agar dapat mengkoneksikan client yang menggunakkan wifi. Caranya masuk menu interfaces kemudian pilih yang interfaces "wlan1" jika posisi masih ke disabled bisa dienable dulu.


Kemudian klik 2x setelah itu masuk menu general kemudian pilih mode "AP-Bridge" dan edit pada kolom SSID dengan nama peserta@sekolah.sch.id, jangan selalu lupa jika sudah selesai konfigurasi lakukan klik "Apply" dan "OK".


Langkah ketujuh, Nah masih di router sebagai access point lakukan konfigurasi dhcp client ip yang diberikan router mikrotik atau gateway dengan dhcp server terpusat. 

Untuk konfigurasi ini saya memakai 2 perangkat router satu sebagai gateway isp dan satu sebagai distribusi untuk client menggunakkan koneksi wifi.



Lalu jangan lupa lakukan ip binding untuk access point yang akan mendistribusikan internet melalui koneksi wifi dikarenakan perangkat jaringan tidak dapat melakukan login seperti perangkat smartphone, laptop, pc dll. Perhatikan gambar berikut ini ya jangan sampai salah pilih typenya.

Cukup masuk menu "IP->Hotspot->Hosts" kemdian akan muncul perangkat yang sudah terhubung kabel dengan ip sekian namun belum login, lakukan klik 2x setelah itu pilih type "bypassed".


Langkah kedelapan, Lakukan konfigurasi ip firewall nat di router gateway agar dapat menghubungkan internet client kita yang terhubung dinetwork jaringan yang sudah kita buat tadi.
Cukup masuk menu "IP->Firewall->NAT" klik tambah lalu pilih chain "srcnat" kemudian out-interfaces "ether5-WAN" atau interfaces yang terhubung dengan ISP. Selanjuntnya pilih action "masquerade".


Langkah kesembilan, konfigurasi management bandwith dengan masuk menu "Queue" lalu ikuti langkah seperti gambar dibawah ini, ingat perhatikan ip yang dimasukkan dan pilih all network yang kita shappingan dengan bandwith sekain.


Langkah kesepuluh, nah jika anda sudah selesai melihat video konfigurasi cms wordpress lakukan setting dengan bukak browser kemudian ketikkan "alamat_ip/wordpress".

Setelah itu akan muncul halaman baru isikan database yang sudah dibuat tadi dan user untuk database wordpress dan pass jika sudah klik "next".


Kemudian kita disuruh setting title website, username dan pass untuk dashboard dan notifikasi email jika ada yang comment atau email ke kita. Jika sudah diisi klik "Finish".



Nah masih konfigurasi website kemudian akan muncul halaman baru lagi masukkan username dan password yang sudah kita buat tadi.

Tampilan dashboard website cms wordpress kita dan halaman depan website kita.

Dashboard


Halaman Depan


Langkah kesebelas, Ujicoba Login hotspot yang sudah kita buat tadi, dan management bandwith baik via wifi dan kabel ya.

Hotspot


Management Bandwith


#UKK #Mikrotik #Debian 

Sekian dari saya
Wassallamu'alakum wr.wb

Load comments