Saturday, November 3, 2018

Cara mudah setting HOTSPOT Server MIKROTIK RB941-2nd

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Hallo teman-teman pada kesempatan saya akan membuat tutorial bagaimana cara setting hotspot mikrotik rb941-2nd. Sebelumnya teman-teman harus ketahui apa itu hotspot server???
Perangkat Mikrotik ini multi fungsi yang dimana salah satunya hotspot server. Hotspot yaitu suatu zona dimana pada zona hal yang demikian terdapat sebuah koneksi nirkabel(Wireless) atau lebih di ketahui dengan istilah WLAN (Wireless Local Network), koneksi ini biasanya cuma bersifat local dan terbatas pada satu spot zona sentra. Untuk memanfaatkan fasilitas ini seorang user di haruskan memasukan sebuah kunci merupakan nama akun dan kata sandi yang dimana user dan kata sandi hal yang demikian telah di sediakan oleh pihak penyedia layanan hotspot yang ada pada zona itu.
Oke teman-teman itu saja penjelasan hotspot server secara umum.




Alat dan Bahan Pelaksanaan

1 Buah Rb941
1 Buah kabel Utp/Stp
1 Buah Laptop

Jangka Waktu Pelaksanaan

Jangka waktu yang dibutuhkan konfigurasi hotspot server sekitar 10-15 menit

Tahap Pelaksanaan

Langkah 1 Setting ip address

Langkah pertama yang dilakukan setting ip address pada interface menjadi hotspot server. Kemudian untuk konfigurasinya klik menu kiri "ip" lalu "Hotspot".


Langkah 2 Hotspot Setup

Selanjutnya setelah masuk menu "Hotspot Server" klik menu "Hotspot Setup" pilih interface yang mau dibuat sebagai Hotspot server seperti contoh saya konfigurasi Hotspot tersebut pada interface "Wlan1", kemudian klik "Next".


Langkah 3 Set Hotspot address for interface

Setelah menentukan interface kita masuk di hotspot address dimana ip address yang akan digunakan. Sebagai contoh ip address interface "wlan1" adalah "192.168.100.1/24" lalu pada kolom "masquerade network" boleh di centang jika belum setting "Nat" kesemua interface namun jika sudah dihilangkan centang tersebut, lalu klik "Next".


Langkah 4 Set pool for Hotspot address

Pada langkah ini kita menetukan range atau jarak berapa yang akan alamat ip address tersebut dipinjamkan seperti contoh "192.168.100.2-192.168.100.14" kemudian klik "Next".


Langkah 5 SSL Sertifikat Hotspot

Selanjutnya pada SSL Sertifikat ini boleh diisi jika punya namun jika tidak punya juga tidak apa-apa, langsung klik "Next" aja.


Langkah 6 SMTP Server

Selanjutnya pada "select SMTP Server" bisa diisi atau juga tidak langsung klik "Next".


Langkah 7 Select DNS Configuration

Langkah ketujuh ini kita setting dns dengan alamat ip address hotspot server atau juga alamat ip address google "8.8.8.8" dan "8.8.4.4" kedua ip tersebut alamat dns google.


Langkah 8 DNS Name

Selanjutnya setting Dns Name dimana alamat awalnya hotpsot kita ip address bisa menjadi  domain, Namun pada tutorial ini saya tidak isi langsung klik "next".


Langkah 9 Success

Langkah kesembilan ini selesai kita berhasil setting hotspot server pada perangkat RB941.




Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments