Sunday, November 4, 2018

Tutorial Cepat Konfigurasi Interface Loopback TAP di Debian,Ubuntu,Linux Mint




Assalamu'alaikum wr.wb

Tutorial Konfigurasi Interface Loopback TAP di Debian,Ubuntu,Linux Mint??? Sebelum ke konfigurasi sekarang teman-teman harus mengetahui apa sih Interface Loopback TAP. Interface TAP secara Umum adalah  berprofesi di tingkat Ethernet atau lapisan dua dan sebab itu bertindak  mirip adaptor jaringan kongkret. Namun pada kali ini interface TAP adalah interface virtual yang dapat menghubungkan router yang dijalankan pada aplikasi GNS3 yang berfungsi untuk menghubungkan internet. Nah teman-teman mestinya udah menangkap mengapa perlu konfigurasi interface loopback TAP. Oke sedikit penjelasan tadi semoga menjadi paham dan tahu, Sekarang ikuti langkah berikut ini.



Alat dan Bahan Pelaksanaan

- Laptop OS Linux (Keluarga Debian)
- Koneksi Internet

Jangka Waktu Pelaksanaan

Waktu yang dibutuhkan melakukan konfigurasi sekitar 6-10 menit (Internet Lancar)

Tahap Pelaksanaan

Langkah 1 Update Repository 

Langkah pertama update dulu repository OS yang anda pakai (Keluarga Debian) dengan command "apt-get update", lalu tekan "enter".


Langkah 2 Install Paket-paket dependencies

Selanjutnya install paket-paket yang dibutuhkan untuk membagun interface loopback TAP dengan perintah "apt-get install uml-utilities", kemudian "enter".


Langkah 3 Konfigurasi Virtual Interface

pada langkah ketiga ini konfigurasi interface virtual loopback TAP dengan command "tunctl -t tap0", lalu tekan "enter".


Langkah 4 Setting Ip address

Setelah kita mengaktifkan interface loopback TAP langkah berikut ini konfigurasi ip address buat interface loopback TAP tersebut. Nah untuk itu ketikkan perintah "ip address add dev tap0 192.168.10.1/24", kemudian "enter".


Langkah 5 Show konfigurasi

Langkah kelima atau yang terakhir teman-teman memastikan bahwa konfigurasi interface loopback TAP udah diberi alamat ip sesuai langkah sebelumnya. Untuk melihat konfigurasi tersebut teman-teman ketikkan command "ip address show dev tap0", lalu tekan "enter".


Saya sertakan videonya :



Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb



Load comments