Saturday, April 20, 2019

Konfigurasi Routing RIPv2 & VLSM Mikrotik

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Konfigurasi Routing RIPv2 Metode Subnetting VLSM Mikrotik - Sebelumnya teman-teman udah tau apa itu VLSM??? VLSM adalah teknik yang memungkinkan administrator jaringan untuk membagi ruang alamat IP ke subnet yang berbeda ukuran, tidak seperti ukuran Subnetting. Untuk menyederhanakan VLSM adalah dengan memecah alamat IP ke subnet (beberapa tingkat) dan mengalokasikan sesuai dengan kebutuhan individu pada jaringan. Jadi lebih singkatnya kita menyediakan ip kepada secara efisien sesuai kebutuhan client. Routing Information Protocol (RIP) adalah sebuah protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Dengan begitu kita lebih jelas mengapa kita melakukan konfigurasi routing dengan RIPv2. Kelebihan salah satunya kita menggunakkan RIPv2 ialah mendukung konsep Subnetting metode VLSM tersebut. Kelemahanya kita menggunakan routing ini ialah tidak scalable, hop count hanya 15 jadi lebih dari itu terjadi Request Time Out. Mungkin itu saja sedikit penjelasanya lalu ikuti langkah konfigurasi RIPv2 di Router Mikrotik (Routerboard).

Kita sebagai teknisi jaringan untuk melayani client yang membutuhkan beberapa komputer yang dapat dihubungkan ke internet dengan alamat (222.2.2.0/24). Berikut ini kebutuhkan client yang akan ditangani pertama (client membutuhkan 1 komputer atau 1 alamat ip address), kedua membutuhkan 5 alamat ip berbeda tempat, ketiga 12 alamat ip address, dan keempat client membutuhkan 18 alamat ip address. Begitu soal yang saya ambil saat interview masuk kerja, lalu pahami dulu sebelum kita mulai menkonfigurasi router mikrotik.

Subnetting Metode VLSM :


Topologi Jaringan :


Langkah pertama, Buat topologi dulu seperti gambar diatas, Jika sudah konfiurasi router 1 atau (R-1) dengan perintah berikut ini :

Setting Ip address ether1 dan ether2 namun saya contohkan ether1 saja,

[admin@R-1] > ip address add address=222.2.2.1/30 interface=ether1 comment=SW-1

Setting interface yang dilalui routing rip dengan memasukkan satu persatu dengan version 2,

[admin@R-1] > routing rip interface add interface=ether1 receive=v2 send=v2 disabled=no
[admin@R-1] > routing rip interface add interface=ether2 receive=v2 send=v2 disabled=no

Konfigurasi network yang disesuaikan subnetting yang udah dibuat tadi,

[admin@R-1] > routing rip network add network=222.2.2.0/30
[admin@R-1] > routing rip network add network=222.2.2.64/30


Langkah kedua, sama seperti langkah pertama hanya berberbeda ip address sesuaikan table yang udah saya buat tadi ya!!!

Setting ip address Router 2:


Setting interface yang dilalui routing RIP version 2 sesuaikan interfacenya ya!!! Dan jangan lupa masukkan network sesuai subnetting metode VLSM yang udah saya buat table tersebut.


Langkah ketiga, begitu juga langkah ketiga ini kita sama setting atau konfigurasi hanya berbeda ip address, interface dan network ya!!!

Setting ip address Router 3:


Setting interface dan network :


Uji coba test ping dari client router 3 ke router 1 hasilnya sebagai berikut :



Catatan : "Jika kamu berada di waktu sore, janganlah tunggu waktu pagi. Jika engkau berada di waktu pagi, janganlah menunggu sore hari. Pergunakanlah sehatmu sebelum datang sakitmu, dan pergunakanlah hidupmu sebelum datang kematianmuHR Muslim no 2588.

#Mikrotik #RIP #Networking 


Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments