Monday, April 15, 2019

Cara Install dan Konfigurasi Prestashop 1.7.5 di Debian 9

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Install dan Konfigurasi Prestashop di Debian 9PrestaShop adalah solusi e-commerce open source freemium. Perangkat lunak ini diterbitkan di bawah Lisensi Perangkat Lunak Terbuka. Itu ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dengan dukungan untuk sistem manajemen database MySQL. Lebih umunya E-commerce kata laiinya Toko Online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dll. Untuk membangun website online sebaiknya install dulu web server seperti install LAMPP di Debian 9. Sebelum melakukan ini ikuti langkah instalasi LAMPP di Debian 9 yang udah saya buatkan artikel.nya di cek Dulu ya. Nah jika sudah siap semuanya ikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah pertama, pindahkan file prestashop ke dalam directory "/var/www/html/" kemudian ketikkan pada halaman browser anda "alamat_ip/prestashop/" lalu tekan "enter". Akan muncul installation assistant dan pilih bahasa yang akan digunakkan pada website toko online yang akan dibangun tadinya. Jika sudah kemudian tekan "Next".


Langkah kedua, instalasi Prestashop pada perjanjian lisensi saya sarankan centang pada kotak bawah kiri untuk menyetujui dan pilih "Continue" atau "Berikutnya".


Langkah ketiga, proses ini atau langkah ini memastikan tool yang dibutuhkan untuk menginstall prestashop diserver anda apakah sudah fix semua jika sudah klik "Continue" atau "Berikutnya".


Langkah keempat, kita disini mengisikan identitas mengenai toko online yang akan dibangun kemudian akun toko online yang akan dibuat jika sudah diisi semua klik "Next".


Langkah kelima, sebelumnya teman-teman sudah membuat database baru untuk toko online baik menggunakkan DB Mysql juga bisa. Isikan alamat server database anda, nama database, user dan password masuk DB Mysql anda. Jika sudah diisi klik "Next" atau juga bisa test connect apakah sudah terhubung dengan server database anda.


Langkah keenam, Tunggu hingga proses instalasinya selesai pastikan server terkoneksi internet atau juga bisa VPS. Jika proses selesai akan muncul email dan password untuk login pada dashboard admin Prestashop anda.


Langkah ketujuh, login sesuai email dan password tadi ya.


Fontend Prestashop version 1.7.5

keyword

Backend Prestashop version 1.7.5

keyword


Catatan : "Ketahuilah bahwa hati itu bisa melemah dan sakit, bahkan bisa mati karena kelalaian dan dosa-dosa". Ibnu Muflih (Kitab al-Adab al-Syar'iyah: 144)

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments