Saturday, September 7, 2019

Cara Mudah Install dan Konfigurasi Mail Server di Debian 10

Cara Mudah Install dan Konfigurasi Mail Server di Debian 10

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Install dan Konfigurasi Mail Server di Debian 10 - Mail server adalah program daemon yang bekerja menampung dan mendistribusikan email dalam suatu jaringan. Protokol yang umum digunakan antara lain protokol SMTP, POP3 dan IMAP. Disamping itu juga, mail server akan kelihatan lebih profesional karena menggunakan domain email sendiri. Mail server itu sendiri ada yang juga berbayar dan juga ada yang free. Disini saya mencontohkan yang free atau open source semua orang dapat mencoba dan hasilnya juga tidak kalah bagus dengan yang berbayar. Nama paket yang digunakkan adalah postfix dan courier di sistem operasi Debian. Nah mungkin itu saja sedikit penjelasannya kita langsung masuk ke tutoria instalasi dan konfigurasinya.

Langkah pertama, lakukan proses install postfix dan courier dengan command sebagai berikut :

root@zonemint:~#apt-get install postfix courier-imap courier-pop

kemudian tekan tombol "enter" untuk dapat kita eksekusi perintah tersebut dan jangan lupa juga kita tekan tombol "Y" atau artinya ok untuk dapat diinstall server debian anda.


Langkah kedua, setelah proses install berlangsung nanti kita akan muncul pop-up window baru yang artinya kita setting postix dengan general type of mail configuration kita apa.
Nah disini pilihlah yang "internet site" lalu tekan tombol "enter" ya.


Langkah ketiga, selanjutnya pada setting "system mail name" isikan nama domain buat mail server anda supaya dapat diingat lebih mudah.


Langkah keempat, kita buat sebuah directory web-based administration postfix pilih saja "yes" kemudian jangan lupa tekan "enter" untuk melanjutkan settingan berikutnya.


Langkah lima, Nah jika sudah namun masih muncul error jalankan perintah sebagai berikut :

root@zonemint:~#apt --fix-broken install

dimana fungsi perintah tersebut untuk melakukan eksekusi proses instalasi yang belum clear atau selesai.


Langkah keenam, nah jika sudah buatlah directory untuk menyimpan semua pesan atau file mail server anda dengan command :

root@zonemint:~#maildirmake /etc/skel/Maildir

selalu perhatikan besar dan kecil huruf karena mempengaruhi atau sensitif kalau program linux dieksekusi.


Langkah ketujuh, selanjutnya lakukan setting configurasi default postfix dengan perintah sebagai berikut :

root@zonemint:~#nano /etc/postfix/main.cf

nah jika sudah kebukak filenya lakukan penambahan script paling bawah seperti berikut :

home_mailbox = Maildir/

nah jika sudah simpan file tersebut dengan menekan tombol "ctrl+x" lalu tekan "y" dan jangan lupa tekan tombol "enter".


Langkah kedelapan, lakukan reconfig settingan postfix dengan command :

root@zonemint:~#dpkg-reconfigure postfix

lalu nanti akan muncul pop-up window postfix-configuration kemudian pada "general type of mail configuration" pilihlah yang "internet site" dan tekan "enter" ya.


Langkah kesembilan, selanjutnya pada langkah ini kita diminta jika kita mempunyai alias user yang dapat mengakses mail server bisa diisikan pada kolom "root and postmaster mail recipient" jika sudah diisi lakukan tekan tombol "enter".


Langkah kesepuluh, Nah setelah setting root and postmaster kita setting domain mana yang disetujui untuk dapat sinkronisasi pada server mail kita. Disini saya mengisikan alamat mail server saya sendiri tidak dapat email dari luar masuk.


Langkah kesebelas, Nah dilangkah kesebelas ini kita diminta untuk memilih apakah server mail kita dipaksa untuk pembaruan antrian mail??? Kalau saran saya dipilih "yes" aja.


Langkah keduabelas, local networks setting ini apakah mail server kita dapat diakses untuk local atau dapat diakses semua alamat ip network versi 4 saya sarankan isikan ip "0.0.0.0/0".


Langkah ketigabelas, kita apakah mau melimit mail server kita pada saat pengiriman data.
Kalau saran saya diisikan "0" kemudian tekan tombol "enter".


Langkah keempatbelas, lakukan restart dan check status service mail server kita apakah sudah berhasil atau belum, cara merestart dan mengechecknya cukup ketikkan perintah sebagai berikut ini :

root@zonemint:~#/etc/init.d/postfix restart
root@zonemint:~#/etc/init.d/postfix status


Pastikan hasilnya seperti digambar diatas jika masih terjadi error ulangi langakah yang kedelapan ya.

Langkah kelimabelas, buatlah user baru baik minimal 2 supaya kita bisa dapat mengirimkan email dan membalasnya.


Langkah keenambelas, Jika sudah dibuat kedua user tersebut kita lakukan pengecekan dengan mengirimkan email seperti berikut ini.

Proses mengirimkan email ke user penerima :


Email terkirim dan dibaca oleh user penerima :


Nah mungkin tutorial ini cukup panjang ya namun jangan pernah putus asa dalam belajar dikarenkan akan membuatmu menjadi lebih malas.

Catatan : "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Teladanilah 2 orang sesudahku, yaitu Abu Bakar & Umar" HR Tirmidzi disahihkan Al Albani

#Debian #Mail #Sysadmin #Buster


Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments