Thursday, July 11, 2019

Cara Install dan Konfigurasi NTP Server Debian 10

keyword

Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Install dan Konfigurasi NTP Server Debian 10 (Buster)Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk pengsinkronan waktu di dalam sebuah jaringan bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. Mengapa kita perlu setting NTP tersebut? sinkronisasi waktu akan lebih penting jika sewaktu-waktu ada seorang yang menyalah gunakkan haknya untuk mengambil alih server tentunya kita akan lebih tau dari log server dengan mencocokkan waktu tersebut. Setiap negara pun mempunyai server ntp yang dapat kita sinkronisasi ke dalam server lokal atau public kita. Paket install aplikasi NTP di Debian 10 ada 2 yaitu NTPd dan Chrony. Disini kita hanya memakai paket install aplikasi NTPd, sebelumnya teman-teman sudah download 3 DVD Debian 10 lalu tambahkan ke dalam server anda untuk sebagai repository lokal atau offline. Mungkin itu saja sedikit penjelasaanya kita lanjut ke langkah-langkah install dan konfigurasi NTP Server Debian 10 :

Langkah pertama, pastikkan server lokal anda terhubung dengan koneksi internet menggunakkan test ping google.com atau 8.8.8.8, jika sudah replay atau terhubung lakukan install paket NTPd dengan command seperti berikut : 

root@zonemint:~#apt-get install ntp

Setelah mengetikkan perintah tersebut jangan lupa tekan "enter" untuk mengeksekusinya. Dan lakukan tekan "Y" berfungsi kita menyetujui untuk menginstall paket NTPd tersebut.


Langkah kedua, selanjutnya edit file konfigurasi NTPd dimana letak konfigurasinya didalam folder "/etc/ntp.conf". Untuk mengedit file kita bisa menggunakkan text editor CLI yaitu nano, kemudian ketikkan perintah " nano /etc/ntp.conf " jangan lupa tekan "enter" ya. Lalu edit line atau baris "pool 0.debian.pool.ntp.org iburst ....." berikan tanda pager didepan, tambahkan dibawahnya dengan alamat server NTP indonesia dan server lokal kita ke client. Untuk itu bisa dilihat gambar berikut ini :


Langkah ketiga, lakukan allow network lokal kita supaya dapat tersinkronisasi waktu sesuai server lokal kita. Yang dimana kita edit baris "restrict 192.168....." isikan sesuai alamat server lokal kita yang digunakkan seperti 192.168.137.0/24 jika sudah simpan konfigurasi tersebut dengan tekan CTRL+X lalu tekan "Y" jangan lupa tekan "enter" juga.


Langkah keempat, setelah kita selesai edit konfigurasi jangan lupa restart service ntp dengan command :

root@zonemint:~#/etc/init.d/ntp restart
root@zonemint:~#/etc/init.d/ntp status

Perintah yang paling bawah tersebut berguna untuk mengecheck apakah sudah aktive atau belum serive ntp kita.


Langkah kelima, kita check apakah kita dapat terkoneksi dengan server NTP Indonesia di server lokal kita dengan command :

root@zonemint:~#ntpq -p

Nanti akan muncul alamat server NTP sesuai negara masing-masing jadi tidak harus sama ya.


Alhamdulillah kita sudah selesai melakukan Install dan Konfigurasi NTP Server Debian 10 (Buster) untuk uji coba disisi client nanti bisa klik judul beriku ini : Cara setting NTP Client di Windows 10. Mungkin itu saja sedikit sharing mengenai bagaimana kita setting NTP Server di Debian 10 (Buster).

Catatan : "Terus terang akan memberikan ketenangan, berikan penjelasan, karena hal ini akan memojokkan syaitan (menghilangkan su’uzhan)Dr. Ali Musri al Indonesi

#Debian #NTP #Sysadmin #Buster

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments