Saturday, December 15, 2018

#Ngelab 1 (Vlan, InterVlan Routing, VTP, NAT, Router on Stick, Routing RipV2 dll)





Assalamu'alakum wr.wb

Hallo semua sahabat zonemint jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan membuat tutorial Ngelab 1 dengan pembahasan sebagai berikut : "Ip address, Vlan, InterVlan Routing, Vtp, NAT, Router on Stick, Record DNS, Routing RipV2". Nah tentunya teman-teman harus mempelajari materi sebelumnya yaitu 

Pertama, Setting ip address perangkat jaringan cisco dengan simulasi "cisco packet tracer". IP address digunakan sebagai alamat logic (bukan fisik) sebuah komputer, yang melekat di Network Interface Card (NIC). Dengan itu ip address dapat digunakan untuk mengirim packet baik sebuah jaringan yang sama, maupun berbeda jaringan. Ip address dapat bekerja di layer 3 yaitu network layer.
Cek Materinya :


Kedua, konfigurasi Vlan ID dan Name. Virtual LAN atau biasa disebut dengan VLAN merupakan salah satu infrastruktur yang keren menurut saya, karena didalam VLAN kita bisa menghubungkan beberapa perangkat yang berbeda network pada satu jaringan fisik, sehingga sangat memudahkan kita jika ingin menghubungkan 2 atau lebih perangkat yang berbeda network tanpa harus membuat kabel lagi untuk menghubungkan 2 atau lebih perangkat tadi, cukup satu kabel saja, semua perangkat yang berbeda network dapat saling terhubung satu sama lain.
Cek Materinya : 

Cara Konfigurasi VLAN Trunking di Cisco Packet Tracer 7.2

Ketiga, Setting InterVlan Routing. InterVlan Routing ialah konsep vlan yang dimana menggunakan gateway di sisi Router utama dengan memasukan ip sebagai gerbang untuk keluar berbeda network. InterVlan ini dilakukan di Switch layer 2 dan juga bisa di switch (MLS). Namun kali ini saya pakai yang "Modern" atau bisa disebut "Route on Stick".
Cek Materinya :

Tutorial Cara Konfigurasi InterVlan Routing di Cisco Packet Tracer 7.2
Konfigurasi Inter Vlan Routing (Modern) Cisco Packet Tracer 7.2

Keempat, Setting Vtp (Virtual Trunking Protokol). Konfigurasi VTP (Vlan Trunking Protocol) pada Cisco Packet Tracer. VTP adalah suatu metode penyinkronan vlan database antar switch sehingga mempermudah apabila memiliki banyak sekali vlan, tanpa kita seharusnya membikin vlan satu persatu pada masing masing switch. Cukup 1 switch saja yang menjadi sentra vlan database, kemudian switch yang lain akan menyinkronkan vlan databasenya menjadi seperti vlan database yang ada pada switch sentra.
Cek Materinya :

Tutorial Konfigurasi VTP pada Cisco Packet Tracer

Kelima, Konfigurasi MLS pada perangkat Cisco. MLS (Multi Layer Switch) adalah metode dimana membentuk perangkat network switch menjadi sebagian tahapan dikarenakan end user yang terkoneksi ke dalam suatu jaringan mempunyai jumlah yang banyak, sehingga kita perlu menjalankan trunking (menyambungkan switch satu dengan switch lain) antar network switch secara bertingkat.
Cek Materinya :

Tutorial Konfigurasi MLS di Cisco Packet Tracer

Keenam, Setting Nat perangkat Cisco. Nat adalah metode atau cara mentranslasikan Ip Private seolah-olah terhubung dengan internet atau Ip Public.
Cek Materinya :

Konfgurasi NAT Static di Cisco Packet Tracer

Ketujuh, Konfigurasi Routing Rip version 2. 
Cek Materinya :

Konfigurasi Routing RipV2 Cisco

Nah teman-teman yang dapat dipelajari untuk ngonfig Ngelab 1 bareng zonemint. Mengapa saya membuat tutorial ini untuk sebagai penjajakan atau ujian praktek sampai mana yang kita udah pelajari. Jadi untuk itu kita mulai dari dasar sampai bisa hingga coba Ngelab 1 ini.

"Setiap orang bisa mencuri idemu, tapi tidak setiap orang bisa mencuri tindakanmu
 Sumber : Catatan Pebisnis".

Semoga dapat bermanfaat dan Selamat mencoba ya!!! Jangan lupa like, Share, dan Subsribe baik blog ini maupun youtube. Terimakasih

Video #Ngelab 1 :





Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb

Load comments